Jangan Diabaikan! Ini 4 Masalah Psikologis Remaja yang Wajib Diketahui Setiap Orangtua

Jangan Diabaikan! Ini 4 Masalah Psikologis Remaja yang Wajib Diketahui Setiap Orangtua

Masalah Psikologis Remaja -Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Usia remaja menjadi periode yang sangat sensitif yang rentan menimbulkan berbagai masalah psikologis remaja.

Diantara beragam masalah psikologis yang sering dialami remaja, terdapat beberapa masalah yang paling umum terjadi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak artikel di bawah ini.

Berdasarkan karya Rahmah Hastuti dalam buku Psikologi Remaja, remaja dibagi menjadi tiga kategori, yakni remaja awal, remaja tengah, hingga remaja akhir. Rentang usia remaja adalah 10 - 20 tahun. 

Perubahan fisik, kognitif, dan psikososial terjadi saat remaja, dan pubertas menjadi salah satu hal mengkhawatirkan yang terjadi pada remaja, terutama perempuan.

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja, Pentingnya Perhatian Terhadap Kesejahteraan Jiwa

BACA JUGA:Cara Orang Tua Menghadapi Anak yang Sudah Remaja dan Mulai Tertarik dengan Lawan Jenis

Berikut adalah beberapa masalah psikologis remaja, seperti yang dikutip dari buku Pengantar Psikologi dalam Keperawatan karya Herri Zan.

1. Kemampuan Intelektual

Adanya perubahan dalam kemampuan intelektual remaja membuat mereka terdorong untuk memahami dunia luar dan mengembangkan idenya. Masalahnya adalah perkembangan ini diikuti oleh masalah psikologis, misalnya muncul keingintahuan mengenai hal-hal yang berbau seksual. 

Remaja cenderung belum memiliki kontrol diri sehingga bila tidak ada pengawasan dan pendampingan lebih dari orang tua, perkembangan intelektual bisa menjadi masalah psikologis serius, seperti keingintahuan seksual yang bisa mengarah pada perilaku penyalahgunaan internet, pelecehan seksual, bahkan kecanduan pornografi.

2. Emosi

Perkembangan fisik menyebabkan perubahan emosi yang mengakibatkan remaja sulit untuk menguasai dan mengontrol emosi. Masalah psikologis remaja yang satu ini dapat membuat mereka menjadi sosok yang sering mengalami storm dan stres. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: