Perbedaan Mental Health dan Mental illnes yang Sering Dikira Sama

Perbedaan Mental Health dan Mental illnes yang Sering Dikira Sama

Mengenal perbedaan Mental Health dan Mental illnes-Dhani Dwi Anggoro -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mengenal perbedaan mental Health dan mental illnes yang sering dikira sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Memahami perbedaan antara kesehatan mental dan penyakit mental sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan mengurangi stigmatisasi terhadap gangguan kejiwaan. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas tentang perbedaan antara Mental Health dengan Mental illnes.

Apa Itu Mental Health?

Mental Health atau kesehatan mental adalah kondisi keseluruhan kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Ini mencakup kemampuan seseorang untuk mengelola stres, mempertahankan hubungan yang sehat, berpikir dengan jernih, dan berfungsi secara efektif dalam kehidupan sehari-hari.

Mental Health atau kesehatan mental yang baik memungkinkan seseorang untuk merasa bahagia, produktif, dan mampu mengatasi tantangan hidup dengan lebih baik. Ini juga melibatkan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, serta memiliki persepsi yang realistis tentang diri sendiri dan dunia sekitarnya.

Apa Itu Mental illnes?

BACA JUGA:Bahaya Self-Diagnosis pada Pengidap Mental Illness, Lebih Baik Jangan Malu Untuk Konsultasi!

BACA JUGA:Terapi untuk Mental Illness, Tidak Perlu Terlalu Dikhawatirkan!

Mental illnes atau penyakit mental adalah gangguan yang mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. Ini bisa melibatkan gangguan mood seperti depresi atau bipolar disorder, gangguan kecemasan seperti OCD (Obsessive-Compulsive Disorder), gangguan makan seperti anoreksia nervosa, serta gangguan psikotik seperti skizofrenia.

Mental illnes dapat memiliki berbagai gejala dan tingkat keparahan, tetapi umumnya mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berfungsi secara normal dalam kehidupan sehari-hari. Penting untuk diingat bahwa penyakit mental adalah kondisi medis yang serius dan memerlukan perhatian dan perawatan yang tepat untuk pemulihan.

Perbedaan Mental Health dengan Mental illnes

Berikut ini adalah beberapa perbedaan Mental Health dan Mental illnes yang sering dikira sama :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: