Disdukcapil Cilacap Lakukan Percepatan IKD

Disdukcapil Cilacap Lakukan Percepatan IKD

Kepala Disdukcapil Cilacap, Annisa Fabriana.-Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Percepatan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kabupaten CILACAP terus dilakukan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disdukcapil CILACAP, Annisa Fabriana.

Dikatakan Annisa, percepatan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) akan mulai dilakukan pada Rabu (13/3/2024). Pada bulan Maret 2024 ditargetkan 30 persen capaian terpenuhi, sedangkan 50 persen pada bulan November 2024. Saat ini masih 5 persen. 

"Berdasarkan Rakornas di Batam kemarin, per November 2024, IKD akan diberlakukan di seluruh Indonesia. Jadi kita kejar target. Di tahun 2025, sudah all out menggunakan IKD," kata Annisa. 

Dikatakan Annisa, saat ini di Kabupaten Cilacap masih menggunakan metode online. Namun, untuk formatnya masih menggunakan offline dengan capaian aktivasi 150 per hari.

BACA JUGA:Borgol Tak Bisa Dilepas, Keluarga Penyintas ODGJ di Cilacap Lapor Damkar

BACA JUGA:Wilayah Pesisir Selatan Cilacap Rawan Abrasi

"Untuk aktivasi IKD saat ini sudah berjalan, hanya saja masih menggunakan format offline. Jadi orang yang datang saja yang kami layani," katanya.

Dikatakan Annisa, pihaknya akan mencontoh Kabupaten Temanggung. Yakni pelayanan IKD dilakukan secara online dan offline. Dari 24 kecamatan, 15 kelurahan, 5 UPTD serta dinas induk di Kabupaten Cilacap akan dilakukan aktivasi IKD secara online.

"Dengan aktivitas IKD secara online masyarakat cukup dengan videocall dengan operator. Nanti operator men-approve dari videocall memperlihatkan barcode dan itu sudah bisa aktivasi," jelas Annisa.

Pihaknya juga mengajak komponen Pemerintahan Kabupaten Cilacap agar mendukung percepatan IKD ini agar bisa mencapai target yang sudah ditentukan. Selain itu, nantinya seluruh transaksi baik perbankan, tiket, BPJS akan melalui IKD. Sehingga akan menjadi kebutuhan yang mutlak. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: