Wilayah Pesisir Selatan Cilacap Rawan Abrasi

Wilayah Pesisir Selatan Cilacap Rawan Abrasi

Pantai Bunton Cilacap yang tergerus abrasi.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sepanjang pesisir selatan CILACAP memiliki tingkat bencana abrasi pantai yang tinggi. Setiap tahunnya, abrasi pantai selalu mengancam wilayah Kabupaten CILACAP.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Cilacap, Purnomo Hermawan mengatakan, segala upaya dilakukan untuk mengatasi dampak dari abrasi pantai. 

"Tim kami melakukan pemasangan bronjong sabut kelapa lokasi di pantai, tahun lalu lokasi di Pantai Jetis Nusawungu di Pantai Sodong Adipala, dan Pantai Sidayu Binangun," kata dia.

Dikatakan Hermawan, tahun ini pihaknya juga akan kembali melakukan pemasangan bronjong sabut kelapa di Desa Gombolharjo Adipala, rencananya akan kembali dipasang 150 buah bronjong sabut kelapa. 

BACA JUGA:Waspada Cuaca Buruk Berpotensi di Cilacap

BACA JUGA:Waspada Cuaca Ekstrem, Berpotensi Terjadi Banjir dan Tanah Longsor di Cilacap

"Dipasang bibir pantai untuk menahan abrasi. Setiap tahun akan kita lakukan, karena daerah kita rawan abrasi setiap tahunnya. Seperti di tahun 2016 lalu wilayah Tegalkamulyan kemasukan air abrasi," ujar dia.

Menurutnya, inovasi penanganan abrasi menggunakan bronjong sabut kelapa di tanggul pantai dengan menggunakan bahan baku ramah lingkungan ini, dinilai efektif. 

"Ini juga dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan. Karena pengrajin bronjong sabut kelapa ini dari Kroya Cilacap. Tentunya dapat menambah penghasilan masyarakat setempat," kata Hermawan.

Selain itu, di tahun 2024 ini, pihaknya mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat untuk tanggul penahan abrasi di sepanjang Pantai Kemiren.

"Kita juga akan berupaya mitigasi akan kita tingkatkan dan jalankan. Kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengurasi tingkat abrasi kita," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: