Petualangan Tak Terlupakan di Goa Petruk, Destinasi Wisata Tersembunyi Kebumen!

Petualangan Tak Terlupakan di Goa Petruk, Destinasi Wisata Tersembunyi Kebumen!

Daya Tarik di Goa Petruk Kebumen-Instagram @silminaulfah-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Goa Petruk merupakan destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan di Kebumen, menawarkan pesona alam sebuah goa yang terbentuk secara alami.

Di masa lampau, goa memiliki beragam fungsi, mulai dari tempat tinggal, persembunyian, hingga tempat ibadah. Proses pembentukannya bisa dilakukan dengan sengaja maupun secara alami.

Legenda penamaan Goa Petruk muncul karena adanya batuan yang menyerupai hidung tokoh punakawan tersebut, meski batuan tersebut kini sudah tidak utuh karena sebagiannya dipotong pada masa penjajahan Belanda.

Inilah deskripsi singkat tentang Goa Petruk sebagai destinasi wisata di Kecamatan Ayah, selain wisata pantai yang juga menarik, cocok untuk dikunjungi pada akhir pekan atau liburan mendatang.

BACA JUGA:Cerita Mitos di Goa Jatijajar Kebumen, Ada Sendang yang Bisa Bikin Awet Muda !

BACA JUGA:Liburan Mengesankan di Pantai Watu Bale Kebumen: Tips dan Trik Wisata yang Harus Kamu Ketahui!

Goa Petruk Kebumen ini terletak di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Memasuki keindahan alamnya yang memesona, pengunjung dihadapkan dengan petualangan menakjubkan yang dimulai dari perjalanan menuju lokasi.

Untuk mencapai Goa Petruk dari pusat kota Kebumen, pengunjung dapat mengikuti rute yang mengarah ke Jalan Ronggowarsito. Perjalanan akan berlanjut melalui Jalan Karang Bolong dan Jalan Jatijajar. 

Kemudian, perjalanan dilanjutkan menuju Jalan Raya Demangsari, dan belok kanan ke Jalan Raya Ijo. Tak lupa, belok kiri ke Jalan Goa Petruk. Dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 1 jam, dengan jarak tempuh sekitar 40 km, pengunjung akan tiba di destinasi wisata yang menakjubkan ini.

Sebelum memasuki eksplorasi di dalam Goa Petruk, pengunjung akan disambut dengan tantangan menapaki ratusan anak tangga. Konon, jumlah tangganya mencapai sekitar 250 anak tangga. Namun, setiap anak tangga yang dilalui akan menjadi bagian dari petualangan yang tak terlupakan di dalam goa alam tersebut.

BACA JUGA:Pesona Pantai Laguna Lembupurwo, Wisata di Kebumen yang Wajib Dikunjungi

BACA JUGA:Bukit Watu Tungku, Wisata Gratis Kebumen yang Cocok untuk Tempat Healing

Goa Petruk buka setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu, dari pukul 07.30 hingga 16.00. Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp. 8.000,- untuk dewasa dan Rp. 5.000,- untuk anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: