Mengenal 6 Penyebab Lampu Motor Mati dan Cara Perbaikannya!

Mengenal 6 Penyebab Lampu Motor Mati dan Cara Perbaikannya!

Penyebab Lampu Motor Mati-Freepik-

BACA JUGA:10 Tips Merawat Ban Tubles Motor, Rutin Periksa Tekanan Ban

BACA JUGA:Tips Perawatan Jok Motor Agar Selalu Awet dan Nyaman

3. Aki Motor Soak

Selain alasan di atas, aki juga dapat menjadi penyebab lampu motor mati. Aki yang bermasalah tidak dapat menyuplai daya yang cukup untuk lampu motor. Aki merupakan sumber daya listrik untuk semua komponen pada motor yang memerlukannya.

Jika aki motormu soak, ini akan berdampak pada kinerja arus listrik pada motor, termasuk pada lampunya. Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi aki motor dan menggantinya setelah mencapai umur pakainya atau saat mulai menimbulkan masalah pada kendaraan roda dua mu.

4. Kendala pada Kabel Motor

Jika sering melakukan modifikasi pada motor, penting untuk memeriksa kondisi semua komponen kelistrikan di kendaraan. Pastikan semua kabel dalam keadaan baik dan terpasang dengan benar.

Seringkali, orang lupa memasang kembali beberapa kabel setelah melakukan modifikasi pada sepeda motornya. Sebaiknya, periksa kembali lokasi pemasangan serta kondisi kabel, pastikan tidak ada yang putus.

BACA JUGA:Inilah Daftar Lengkap Komponen Rem Cakram Motor yang Penting, Wajib Tahu!

BACA JUGA:Inilah 3 Tips Memanaskan Motor yang Tepat, Bikin Motor Awet!

5. Periksa Kondisi Bohlam Lampu Motor

Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah masalah pada bohlam lampu. Disarankan untuk secara berkala memeriksa kondisi bohlam. Bohlam lampu memiliki kapasitas tegangan listrik yang berbeda-beda saat digunakan. Setiap motor memiliki klasifikasi tersendiri terhadap tegangan bohlam lampu yang disarankan.

Jika bohlam menyerap tenaga yang terlalu besar atau terlalu kecil, hal ini dapat mengakibatkan kinerja yang tidak optimal.

6. Mengganti Bohlam dengan Produk Asli

Salah satu penyebab bohlam lampu sering putus adalah penggunaan bohlam lampu dengan merek yang tidak dikenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: