Mengenal 6 Penyebab Lampu Motor Mati dan Cara Perbaikannya!

Mengenal 6 Penyebab Lampu Motor Mati dan Cara Perbaikannya!

Penyebab Lampu Motor Mati-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Salah satu elemen yang sangat penting pada sebuah kendaraan adalah lampu motor. Fungsi lampu motor tidak hanya terbatas pada aspek estetika semata. 

Namun, bagaimana jika bagian penting ini mengalami kerusakan atau mati? Mari kita telusuri penyebab lampu motor mati sebelum terlambat, dan temukan cara mengatasi masalah tersebut melalui artikel berikut ini!

Ketika berkendara, sangat berbahaya jika lampu kendaraan tidak berfungsi. Contohnya adalah lampu sein. 

Lampu yang berada di sisi kiri dan kanan kendaraan ini berperan penting dalam memberi tahu pengendara di sekitar kita bahwa kita akan berbelok ke arah kanan atau kiri, atau akan berhenti. Bahaya yang mengintai ketika lampu ini tidak berfungsi sangat besar, dan menghadirkan risiko yang serius.

BACA JUGA:5 Trik Ampuh Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic, Mulus Seperti Baru!

BACA JUGA:10 Tips Merawat Ban Tubles Motor, Rutin Periksa Tekanan Ban

Apa Penyebab Lampu Motor Mati?

1. Masalah pada Relay

Apakah kamu pernah mendengar tentang komponen motor yang disebut relay? Relay berfungsi seperti saklar listrik yang mengalirkan daya dari sumbernya ke bagian-bagian motor yang memerlukan listrik. 

Lampu motor adalah salah satu bagian yang terhubung dengan relay ini. Salah satu penyebab lampu motor mati bisa disebabkan oleh masalah pada relay, mungkin terdapat kerusakan pada bagian relay-nya.

2. Soket Lampu Motor yang Longgar atau Terlepas

Penyebab lampu motor mati berikutnya yang mungkin terjadi adalah soket lampu motor yang longgar atau bahkan sudah terlepas. Untuk memperbaiki masalah ini, kamu hanya perlu memasangnya kembali dengan kuat ke posisi semula.

Pastikan kamu telah memasang soket lampu dengan benar dan kokoh. Soket yang terbuat dari plastik cenderung rentan longgar sehingga bisa terlepas sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk memeriksanya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: