Persibangga Wakili Jawa Tengah, Putaran Nasional Liga 3 Digelar Mulai 29 April 2024

Persibangga Wakili Jawa Tengah, Putaran Nasional Liga 3 Digelar Mulai 29 April 2024

Persibangga saat berlaga di putaran Liga 3 Jawa Tengah.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Persibangga PURBALINGGA bakal melakoni laga putaran nasional Liga 3, mulai 29 April 2024 mendatang. Hal itu diketahui dari surat PSSI kepada Asprov PSSI se Indonesia, dengan nomor 773/PGD/104/II-2024, tertanggal 21 Februari 2024.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Sekjen PSSI Yunus Nusi tersebut, disebutkan ada delapan tim dari Asprov PSSI Jawa Tengah, yang lolos ke putaran nasional Liga 3, salah satunya adalah Persibangga.

Tujuh tim lainnya adalah Persip Pekalongan, PSIK Klaten, PSIW Wonosobo, PSDB Demak, Persiku Kudus, Universitas Surakarta FC, serta Persab Brebes.

Ada 80 tim yang akan berlaga di putaran nasional ini. Yakni, terdiri dari 23 tim yang lolos pada kompetisi musim lalu. Serta, 57 tim dari kompetisi musim ini. 

BACA JUGA:Jadi Runner Up Liga 3 Jawa Tengah, Persibangga Diminta Bersiap Ikuti Putaran Nasional

Persibangga akan menjalani babak 80 besar putaran nasional Liga 3. Skema kompetisi menggunakan sistem Home Tournament. Serta menggunakan, format setengah kompetisi, dengan 16 grup. 

Dalam surat PSSI tertulis, masing-masing grup  nantinya terdiri dari lima tim. Nantinya akan diambil juara dan runner-up, yang lolos ke babak 32 besar.

Diketahui, musim lalu putaran nasional tak digelar, karena imbas tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang. Sehingga, tim yang lolos musim lalu, akan ikut berkompetisi di putaran nasional Liga 3 musim ini.

Terkait pembagian grup, PSSI akan dilaksanakan pada 7 Maret 2024, secara daring. Sebelumnya, akan dilaksanakan workshop secara daring pada tanggal 29 Februari 2024. 

BACA JUGA:Disanksi Larangan Bermain Satu Tahun, Kapten Persibangga Absen di Laga Final Liga 3 Jawa Tengah

Asisten pelatih Persibangga Faizal Fatron Nazer mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan salinan surat dari PSSI kepada Asprov PSSI se Indonesia tersebut. 

"Babak 80 besar akan dilaksanakan pada 29 April - 8 Mei 2024. Babak 80 besar menggunakan skema home tournament. Kami masih menunggu hasil pembagian grup," kata pelatih asal Kecamatan Bobotsari ini kepada Radarmas, Selasa, 27 Februari 2024.

Terkait persiapan tim Persibangga mengikuti putaran nasional Liga 3, pria yang juga guru olahraga ini masih belum berkomentar banyak. Sebab, dia masih menunggu rapat, untuk membahas surat PSSI tersebut. Musim ini, merupakan kali pertama Persibangga loloa ke putaran nasional. Musim sebelumnya, Persibangga selalu gugur di Liga 3 Jawa Tengah.

Diketahui, paska menjadi runner up Liga 3 Jawa Tengah, pemain Persibangga diliburkan. Pemain baru dikumpulkan lagi jika sudah ada kejelasan putaran nasional Liga 3. Persibangga kalah melalui adi tendangan penalti di babak final dari Persip. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: