Bal Gupak Pekunden Mulai Diminati Wisatawan

Bal Gupak Pekunden Mulai Diminati Wisatawan

Wisata edukasi pertanian menawarkan hiburan bal gupak di Desa Wisata Kreatif Pekunden, Sabtu (24/2/2024). Wisatawan asyik bermain sepak bola lumpur.-Sudarmanto untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ada yang berbeda dengan permainan bola di Desa Wisata Kreatif Pekunde, Kecamatan Banyumas. Sebab, tidak berada di lapangan berumput sebagaimana sepak bola pada umumnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pekunden, Sudarmanto menuturkan, sepak bola diselenggarakan di petak sawah berlumpur. Salah satu destinasi wisata baru di Pekunden yang mengusung edukasi pertanian.

Destinasi wisata anyar itu berada di Gerumbul Kedungkambang. Baru-baru ini mendapatkan kunjungan perdana dari sekolah menengah atas asal Tangerang.

"Langkah kami selanjutnya akan mengadakan kegiatan promo ke sekolah negeri dan swasta ke daerah Bandung dan Jakarta," kata Sudarmanto, Senin (26/2/2024).

BACA JUGA:Konsep Sapta Pesona Hadir di Desa Pekunden, Siap Dikunjungi Wisatawan Overland

BACA JUGA:Rombongan Wisatawan Jepang Datangi Kampung Nopia Desa Pekunden

Sepak bola di sawah dinamai Bal Gupak. Wisatawan asyik bermain bola dengan sekujur tubuh penuh lumpur. Ada juga hiburan lain yang ditawarkan Desa Wisata Kreatif Pekunden, yaitu menangkap ikan lele.

Sedangkan untuk edukasi pertanian, mengajak wisatawan praktik tandur atau menanam bibit padi di sawah. Bukan hal mudah tentunya karena teknik tanam berjalan mundur.

"Pertimbangan menyasar wisatawan ke Bandung dan Jakarta karena menurut survei dari biro perjalanan bahwa orang-orang sana senang plesir," imbuh Sudarmanto.

Pokdarwis Desa Pekunden mengusung konsep live in, yaitu pengunjung melakukan berbagai aktivitas warga lokal misalnya bertani. Wisatawan memperoleh pengalaman hidup sebagai warga setempat.

Pokdarwis Desa Pekunden terus berupaya melakukan inovasi wisata kreatif untuk daya tarik pengunjung. Sehingga, bisa selalu eksis. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: