Keberadaan Tawon Kian Meresahkan, Tim Damkar Kroya Lakukan Operasi Tangkap Tawon

Keberadaan Tawon Kian Meresahkan, Tim Damkar Kroya Lakukan Operasi Tangkap Tawon

Petugas Damkar Kroya melakukan evakuasi sarang tawon.-DAMKAR CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Kroya melakukan tiga kali Operasi Tangkap Tawon (OTT) dalam sehari, Senin (20/2/2024) di wilayah Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

Sarang tawon yang berada di sebuah pohon depan rumah di Jalan Wiling Desa Walahar, Kecamatan Adipala, berhasil dievakuasi. 

Petugas Damkar yang turut melakukan evakuasi ,Kholif Hujaji S mengatakan, upaya evakuasi bermula ketika ada laporan dari pemilik rumah terkait dengan adanya sarang tawon.

"Sarang tawon berada di lingkungan padat penduduk, dikhawatirkan mengganggu dan menyengat masyarakat yang berada didekat sarang," katanya.

BACA JUGA:RSUD Cilacap Siapkan Ruangan Khusus, Antisipasi Caleg Gagal yang Stress

BACA JUGA:37 Desa di Cilacap Jadi Prioritas Penanganan Kemiskinan Ekstrem 2024

Dia menjelaskan, untuk memudahkan mengevakuasi sarang tawon, pihaknya menutup lubang pada sarang dengan kayu yang ujungnya dililit kain. Kemudian sarang disemprot cairan bensin atau pertalite untuk melumpuhkan tawon.

"Setelah dipastikan aman, kemudian sarang tawon dievakuasi dan dimasukan ke dalam karung," jelasnya

Diketahui, jenis tawon tersebut adalah Vespa Affinis atau biasa disebut masyarakat tawon baluh. 

Sementara itu, di Jalan Penatusan Barat Desa Maos Kidul, Kecamatan Adipala dan Jalan Swadaya, Desa Karangreja Kecamatan Adipala berhasil mengevakuasi sarang tawon yang berada di atap rumah warga. 

Ia mengungkapkan, dua sarang tawon yang dievakuasi merupakan sarang tawon jenis yang sama. 

"Untuk mencegah supaya semakin membesar, perlu adanya upaya preventif dengan tidak merusak dan segera mengevakuasi sarang tawon saat ukurannya masih kecil,"

Selain itu kebersihan lingkungan juga menjadi faktor penting supaya tawon jenis Vespa Affinis tidak berkembang biak dengan cepat. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: