3 Metode Budgeting untuk Menghindari Pemborosan, Hemat dan Efisien!

3 Metode Budgeting untuk Menghindari Pemborosan, Hemat dan Efisien!

Metode Budgeting untuk Menghindari Pemborosan-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mengelola keuangan merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari yang seringkali diabaikan. Terjebak dalam kebiasaan boros dapat mengakibatkan masalah finansial yang serius di masa depan. 

Untungnya, ada solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini yaitu denngan metode budgeting atau penyusunan anggaran keuangan

Ada banyak sekali metode budgeting yang bisa Anda gunakan. Namun, ada 3 metode budgeting yang telah terbukti efektif dalam menghindari pemborosan, serta membantu kita untuk hidup lebih hemat dan efisien secara finansial. 

3 Metode Budgeting untuk Menghindari Pemborosan, Hemat dan Efisien!

1. Proportioning Budget

Metode budgeting yang sering dikenal dengan istilah proportioning budget merupakan pendekatan yang memungkinkan individu untuk mengatur keuangan mereka dengan lebih terstruktur. 

BACA JUGA:Cara Implementasi Metode Budgeting 50/30/20 untuk Keuangan yang Sehat

BACA JUGA:Tips Mengelola Keuangan agar Tidak Terlilit Hutang

Sesuai dengan namanya, pengguna perlu menetapkan proporsi keuangan untuk membuat anggaran yang efektif. 

Salah satu skema yang umum digunakan adalah 50/30/20, di mana 50 persen dari pendapatan dialokasikan untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk hiburan atau kegiatan bersenang-senang, dan 20 persen untuk menabung atau investasi masa depan.

Namun demikian, proporsi ini dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan prioritas individu. Metode ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki penghasilan tetap karena proporsinya dapat diterapkan secara konsisten setiap bulan. 

Namun demikian, metode ini juga dapat dicoba oleh freelancer atau mereka yang memiliki pendapatan yang bervariasi, dengan penyesuaian proporsi sesuai dengan perubahan dalam pendapatan mereka. 

BACA JUGA:Bebas Stres! Ini Dia Cara Mengatasi Masalah Keuangan di Keluarga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: