Input Penghitungan Suara melalui Aplikasi Si Rekap di Cilacap Tuai Banyak Kendala

Input Penghitungan Suara melalui Aplikasi Si Rekap di Cilacap Tuai Banyak Kendala

Ketua KPU Cilacap Weweng Maretno.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID -  Penggunaan aplikasi si rekap untuk penginputan penginputan hasil Pemilu 2024 dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tuai beragam permasalahan.

Hal itu mengakibatkan keterlambatan karena beberapa faktor, seperti jaringan internet, handphone yang kurang mendukung, serta petugas yang alami kelelahan.

"Meski sudah selesai, tapi para KPPPS perlu waktu yang lebih banyak saat proses penghitungan suara yang hampir semuanya selesai hingga larut malam. Bahkan ada yang sampai di hari berikutnya," kata Ketua KPU Cilacap Weweng Maretno ketika dikonfirmasi, Minggu (18/2/2024).

Selain itu, pada saat proses unggah dokumen di aplikasi si rekap sangat lambat karena sistem penggunaan secara nasional, dan hampir dalam waktu yang bersamaan untuk mengunggah 1 dokumen saja butuh beberapa menit.

BACA JUGA:Tugu Lilin Cilacap Direnovasi dengan Desain Baru

BACA JUGA:87 Desa di Cilacap Rawan Pergerakan Tanah

"Untuk mengunggah 1 lembar saja butuh waktu 3 menit, itu dalam kondisi lancar. Kalau ada gangguan butuh waktu lebih itu yang membuat data yang masuk Sirekap lambat," lanjutnya.

Langkah antisipasinya yaitu kepada para KPPS pengguna aplikasi si rekap agar tidak mengaktifkan aplikasi lain selama proses pengimputan dilakukan.

"Kemarin kita minta mereka (KPPS) tidak untuk aktivitas lain seperti WA, telepon, dan sebagainya agar proses input lancar," pungkas Weweng. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: