6 Penyebab Utama Cacar Pada Anak yang Perlu Diketahui

6 Penyebab Utama Cacar Pada Anak yang Perlu Diketahui

Kumpulan penyebab cacar pada anak yang perlu diketahui -Pinterest -

BACA JUGA:Simak Baik-Baik, Gejala Penderita Cacar Monyet Mirip Dengan Cacar Biasa, Tapi...

BACA JUGA:Cacar Monyet Bisa Menyebar Melalui Hewan? Ini Kata Ahli dari UGM

4. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Anak-anak dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah memiliki risiko lebih tinggi untuk tertular cacar dan mengalami komplikasi yang lebih serius. Kondisi medis tertentu seperti penyakit autoimun, pengobatan yang menekan sistem kekebalan tubuh, atau kekurangan gizi dapat melemahkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi. Dalam kondisi ini, anak-anak rentan terhadap berbagai penyakit menular, termasuk cacar. Oleh karena itu, penting bagi anak-anak dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah untuk mendapatkan perlindungan tambahan, seperti vaksinasi.

5. Kurangnya Vaksinasi

Salah satu penyebab utama peningkatan kasus cacar pada anak-anak adalah kurangnya vaksinasi. Vaksin varisela telah terbukti efektif dalam mencegah infeksi cacar atau mengurangi keparahan penyakit pada anak-anak. Namun, ketidakpatuhan terhadap jadwal vaksinasi atau penolakan terhadap vaksinasi oleh beberapa orangtua telah menyebabkan celah dalam kekebalan komunitas, yang memungkinkan penyebaran virus varicella-zoster di antara populasi anak-anak yang rentan. Oleh karena itu, memastikan anak-anak menerima vaksinasi varisela sesuai dengan pedoman kesehatan.

6. Faktor Musim

Cacar cenderung lebih umum terjadi pada musim semi dan awal musim panas. Suhu yang lebih hangat dan peningkatan aktivitas luar ruangan dapat memfasilitasi penularan virus varicella-zoster di antara anak-anak. Selain itu, pada musim ini, anak-anak lebih sering berkumpul di tempat-tempat seperti sekolah, taman bermain, dan area publik lainnya, meningkatkan risiko kontak langsung dengan individu yang terinfeksi. Oleh karena itu, penting bagi orangtua dan pengasuh untuk meningkatkan kesadaran akan risiko penularan cacar pada musim ini.

BACA JUGA:Manfaat Berendam Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Inilah Manfaat Baik Lidah Buaya Bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

Mengenali penyebab cacar pada anak dapat membantu dalam mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, seperti vaksinasi dan menghindari kontak dekat dengan individu yang terinfeksi. Selain itu, memperhatikan gejala awal cacar dan mengisolasi anak yang terinfeksi dapat membantu mengurangi penyebaran penyakit ke orang lain. (dda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: