Penyerahan Simbolis Kartu Peserta Program BPU, Kerja Sama BPJS Ketenagakerjaan dan Kantor Pos Purwokerto

Penyerahan Simbolis Kartu Peserta Program BPU, Kerja Sama BPJS Ketenagakerjaan dan Kantor Pos Purwokerto

BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan kartu program BPU yang dilaksanakan secara simbolis di Kantor Pos Cabang Purwokerto, Selasa (13/2).-BPJS Ketenagakerjaan untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID -  Mulai sore kemarin, Selasa (13/2), resmi sudah Siti Zainur Fitriyah terdaftar sebagai salah satu peserta program BPU (Bukan Penerima Upah). Siti menerima secara simbolis kartu program BPU dari Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto, Antony Sugiarto.

Kegiatan tersebut dilakukan di KCU (kantor cabang utama) Kantor Pos Purwokerto Jalan Jenderal Sudirman 435 Purwokerto. Pedagang es cendol ini mengikuti dua program BPU yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian dengan iuran sebesar 16.800 rupiah perbulan. Selanjutnya Siti akan membayar iuran bulanan melalui kanal pos.

Sosialisasi program BPU bagi masyarakat dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan, bertepatan dengan penyaluran Bansos berupa uang tunai oleh kantor pos beberapa waktu yang lalu.

Pada kesempatan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan memberikan edukasi tentang pentingnya proteksi bagi pekerja sektor informal manakala mereka tertimpa musibah. Lewat sosialisai itulah banyak yang tertarik untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Program ini berjalan karena ada joint marketing antara kantor pos dengan BPJS Ketenagakerjaan. Program bersifat nasional yang meliputi kantor pos pusat dengan BPJS Ketenagakerjaan pusat, dengan melibatkan seluruh kantor cabang pos. Dengan dukungan yang masiv dari jaringan pos di yang tersebar hingga pelosok pedesaan, Antony yakin program ini akan bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Kerja sama dengan PT Pos Indonesia akan memperluas jaringan kepesertaan BPJS," ujar Antony.

Bahkan ke depannya, dia berharap perusahaan-perusahaan yang punya hutang ke BPJS Ketenagakerjaan juga akan ditagih melalui kantor pos. Executive General Manager, Dias Woro Nugroho A S menyambut baik kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Melalui program ini kantor pos bisa berkontribusi untuk mendukung program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. Kantor pos bisa menjadi kanal daftar dan kanal bayar bagi peserta BPU sektor informal. Pendaftaran melalui kantor pos ini juga dilombakan secara nasional mulai tahun 2023. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: