Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari sepeda motor listrik yang harus diperhatikan sebelum membeli.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:Lanjutkan Produk Motor Listrik, Pemerintah Gandeng SMKN 1 Kaligondang

Sebelum membeli sepeda listrik, sebaiknya pertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan, karena harga sepeda listrik ini berkisar antara Rp 14 jutaan hingga Rp 49 jutaan. Selain itu, pemerintah berjanji akan memberikan subsidi senilai Rp 7 juta untuk 13 merek sepeda listrik. 

Dukungan ini diharapkan membuat kendaraan listrik ini semakin terjangkau bagi kita semua. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan biaya lain yang akan Anda keluarkan setelah memiliki kendaraan ini, seperti pajak yang berlaku.

2. Jumlah Ruang Pengisian Daya Masih Terbatas

Mengisi baterai sepeda motor listrik ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Kendaraan ini dapat digunakan untuk mengisi energi dimanapun yang terdapat sumber listrik, seperti di rumah atau di fasilitas umum.

Namun, ruang pengisian daya ini cenderung terbatas. Saat ini pemerintah menyediakan Stasiun Energi Ramah Lingkungan (GES), Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), yang juga merupakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Namun jumlah SPBU GES masih terbatas, saat ini hanya tersedia 240 titik. Kendati demikian, PT Pertamina menargetkan peningkatan pembangunan GES hingga 300 titik pada akhir tahun 2022.

Itulah dia beberapa kelebihan dan kekurangan dari sepeda motor listrik yang harus diperhatikan sebelum membeli. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: