Personel Pengamanan Mulai Bergeser ke TPS, Diminta Waspadai Provokator

Personel Pengamanan Mulai Bergeser ke TPS, Diminta Waspadai Provokator

Bupati, Kapolres dab Dandim tengah mengecek perlengkapan personel pengamanan TPS.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID - Polres Purbalingga menggelar Apel Gelar Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS, di Alun-alun Purbalingga, Minggu, 11 Februari 2024.

Sebanyak 378 personel Polres Purbalingga, bakal ditugaskan mengamankan 2.964 tempat pemungutan suara (TPS), yang ada di Kabupaten Purbalingga.

"Selain itu, kami juga mendapatkan bantuan personel pengamanan dari TNI dan Linmas dalam mengamankan TPS," kata Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan.

Dijelaskan, personel pengamanan yang diterjunkan dari TNI adalah delapan personel, untuk setiap Polsek. "Ada 16 Polsek yang ada di wilayah Purbalingga," lanjutnya.

BACA JUGA:Amankan TPS Saat Pemilu, Polres Terjunkan 378 Personel

Sedangkan, personel Linmas yang dilibatkan adalah sebanuak 5.928 personel. "Kami berharap jalannya Pemilu di Purbalingga aman dan lancar," ujarnya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, perlu ditingkatkannya kewaspadaan menjelang, hingga paska pelaksanaan Pemilu 2024.

Dia menyebutkan, jumlah TPS yang mencapai 2.964 di Kabupaten Purbalingga akan banyak potensi kerawanan. Sehingga, perlu dilakukan antisipasi masing-masing, agar tak terjadi kerawanan.

Masa tenang yang berjalan tiga hari ke depan, mulai tanggal 11-13 Februari 2024, menurutnya menjadi perhatian khusus. Sebab, selama tiga hari tersebut, peserta Pemilu sudah tidak boleh melakukan aktivitas kampanye.

BACA JUGA:Seragam Lama Bisa Dipakai, 5.928 Anggota Linmas Jaga TPS

Terkait sejumlah daerah di Purbalingga yang rawan bencana alam tanah longsor dan banjir, pihaknya sudah menyiapkan personel khusus. Termasuk alat-alat untuk melakukan penanganan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyerahkan 5.928 Linmas kepada Polres Purbalingga, untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024.

Komandan Kodik 0702/Purbalingga Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol mengatakan, pihaknya meminta kepada personel pengamanan untuk mewaspadai provokasi, yang dilakukan oleh oknum tak bertanggungjawab.

Dia berharap pelaksanaan pemungutab suara mulao dari pra hingga paska berjalan aman dan lancar. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: