Amankan TPS Saat Pemilu, Polres Terjunkan 378 Personel

Amankan TPS Saat Pemilu, Polres Terjunkan 378 Personel

Apel PAM TPS Operasi Mantap Brata Candi di Halaman Mapolres Purbalingga, Selasa, 6 Februari 2024.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Polres Purbalingga menerjunkan 378 personel untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS), dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sejumlah personel tersebut akan diterjunkan untuk mengamankan sebanyak 2.964 TPS, yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan mengatakan, sejumlah personel tersebut akan diterjunkan mulai Selasa, 13 Februari 2024 hingga 15 Februari 2024.

"Personel bertugas selama tiga hari mengamankan. Pengamanan dilakukan hingga penghitungan suara selesai," katanya, saat Apel PAM TPS Operasi Mantap Brata Candi di Halaman Mapolres Purbalingga, Selasa, 6 Februari 2024.

BACA JUGA:Amankan Jalur Kunjungan Presiden, Polres PurbaIingga Terjunkan 239 Personel

Dia menjelaskan, dalam melaksanakan tugasnya dalam melaksanakan pengamanan, personel harus mengedepankan profesionalitas dan netralitas.

"Tugas utamanya adalah mengamankan TPS. Jika ada pelanggaran dalam proses pemungutan suara, kami ingatkan untuk diserahkan kepada Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu, red) Kabupaten Purbalingga," jelasnya.

Kapolres juga mengungkapkan, fokus pengamanan yang dilakukan diantaranya mencegah potensi menganggu proses pemungutan suara. "Termasuk mengamankan surat suara dan pendistribusiannya," imbuhya.

Terkait potensi kerawanan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor di lokasi TPS, pihaknya akan berkoordinasi dengan KPU, Bawaslu, BPBD dan perangkat desa setempat. 

BACA JUGA:Seragam Lama Bisa Dipakai, 5.928 Anggota Linmas Jaga TPS

"Kordinasi dilakukan untuk mencari solusi penanganan termasuk cara pendistribusian logistik pemilu agar tidak terganggu," jelasnya.

Dia berharap dengan apel kesiapan, kegiatan pengamanan TPS nantinya dapat berjalan dengan aman dan lancar. 

Serta, tidak terjadi gangguan keamanan sebelum, pada saat maupun selesai pemungutan suara di Kabupaten Purbalingga. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: