Tak Hanya Bentuk Kasih Sayang, Ternyata 7 Manfaat Memeluk Anak bagi Kesehatannya!

Tak Hanya Bentuk Kasih Sayang, Ternyata 7 Manfaat Memeluk Anak bagi Kesehatannya!

Manfaat Memeluk Anak-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID -  Salah satu cara menunjukkan perasaan cinta dan kasih sayang kepada anak adalah dengan memeluknya. Namun, penting untuk diingat, makna pelukan tidak hanya itu loh. 

Sering memeluk anak ternyata juga bermanfaat untuk kesehatannya. Penasaran dengan manfaat memeluk anak? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Jangan segera menganggap anak sebagai anak manja jika ia sering meminta dipeluk atau memeluk Anda. Bagi anak, tak ada tempat yang lebih nyaman selain dalam pelukan orang tuanya.

7 Manfaat Memeluk Anak

Ketika anak merasa sedih, kecewa, takut, atau marah, pelukan orang tua dapat mengurangi semua perasaan tersebut. Meski terdengar sederhana, sering memeluk anak diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan psikis dan fisiknya. 

BACA JUGA:Cara Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan

BACA JUGA:Cara Tepat Menangani Anak Down Syndrome

Berikut akan diuraikan lebih lanjut mengenai beragam manfaat memeluk anak:

1. Mengurangi Produksi Hormon Kortisol

Manfaat memeluk anak yang pertama yaitu mengurangi produksi hormon kortisol. Ketika stres dan merasa tertekan, tubuh akan melepaskan hormon kortisol atau hormon stres. 

Anak-anak belum mampu mengatur dan mengendalikan emosinya dengan baik, sehingga suasana hatinya yang labil dapat meningkatkan produksi hormon ini.

Tingginya jumlah hormon kortisol dalam tubuh dapat menyebabkan anak sulit tidur, kesulitan berkonsentrasi, kenaikan berat badan, atau kehilangan energi dan semangat. Dengan sering berpelukan, anak bisa terbebas dari berbagai dampak hormon stres ini.

BACA JUGA:Ciri-ciri Kesalahan pada Parenting yang Salah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: