Sering Diabaikan, Inilah 6 Penyakit Berbahaya dengan Gejala Batuk

Sering Diabaikan, Inilah 6 Penyakit Berbahaya dengan Gejala Batuk

Daftar penyakit berbahaya dengan gejala batuk-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Batuk adalah respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari kotoran, lendir, atau benda asing. Namun, terkadang Batuk dapat menjadi tanda penyakit serius yang tidak boleh diabaikan. Dalam artikel ini, kita telah merangkum beberapa penyakit dengan gejala Batuk yang mungkin bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Penyakit Dengan Gejala Batuk

Berikut ini adalah beberapa penyakit dengan gejala batuk yang perlu diperhatikan:

1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) adalah kondisi umum yang melibatkan peradangan pada saluran pernapasan bagian atas, termasuk hidung, sinus, tenggorokan, dan laring. ISPA sering disebabkan oleh infeksi virus, seperti virus rhinovirus, adenovirus, atau coronavirus, meskipun bakteri juga dapat menjadi penyebabnya dalam beberapa kasus. Biasanya ISPA memiliki gejala seperti batuk-batuk,pilek dan sakit tenggorokan.

BACA JUGA:Obat Tradisional untuk Meredakan Batuk Menjadi Solusi yang Alami dan Efektif

BACA JUGA:Ini Daftar 23 Merk Obat Batuk Sirup Masih Aman

2. Bronkitis

Bronkitis adalah kondisi medis yang ditandai oleh peradangan pada saluran bronkus, yaitu saluran udara utama yang menghubungkan trakea (tenggorokan) dengan paru-paru. Peradangan ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, meskipun paparan terhadap iritan seperti asap rokok atau polusi udara juga dapat menjadi penyebabnya. Batuk adalah gejala utama bronkitis. Batuk bisa kering atau produktif dengan lendir yang keluar. Dan biasanya disertai dengan pilek dan hidung tersumbat.

3. Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi yang mengenai satu atau kedua paru-paru, menyebabkan peradangan pada jaringan paru-paru yang biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Pneumonia dapat terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada anak-anak kecil, orang tua, dan individu dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Gejala utama Pneumonia adalah batuk dengan lendir berwarna hijau, kuning atau berdarah.

4. Asma

Asma adalah kondisi kronis yang memengaruhi saluran pernapasan, menyebabkan peradangan dan penyempitan pada bronkus (saluran udara utama dalam paru-paru). Ini menyebabkan gejala seperti kesulitan bernapas, mengi (bunyi mengi saat bernapas), batuk, dan sesak dada. Gejala Asma adalah kesulitan untuk bernafas khususnya saat melakukan kegiatan fisik. Selain itu, Batuk kering yang sering terjadi di malam hari atau dini hari, adalah salah satu gejala dari Asma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: