Pengumuman Penutupan TPA Tipar Kidul Belum Dipasang Lagi

Pengumuman Penutupan TPA Tipar Kidul Belum Dipasang Lagi

Meski telah ditutup sejak awal tahun ini, pengumuman penutupan TPA Desa Tipar Kidul belum kembali terpasang di lokasi.-Yudha Iman Primadi/Radar Banyuma-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Paska penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Desa Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang awal tahun ini, pengumuman penutupan TPA yang sebelumnya sempat dipasang oleh warga terdampak belum kembali dipasang.

Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tipar Kidul, Mustari, SPd mengatakan sebelum diputuskannya penutupan TPA sampah Tipar Kidul oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyumas, warga terdampak terlebih dahulu telah memasang pengumuman penutupan TPA akhir Desember tahun lalu dengan dasar keputusan dari pengadilan. Warga terdampak ingin agar TPA sampah Tipar Kidul ditutup tahun ini.

"Pemasangan pengumuman penutupan tersebut setahu saya sudah melalui rapat di desa tanggal 28 Desember 2023 malam," katanya ditemui Radarmas, Senin (5/2).

Mustari menjelaskan setelah pengumuman penutupan TPA sampah Desa Tipar Kidul dipasang oleh warga, dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyumas berkomunikasi dengan desa agar pengumuman penutupan TPA diturunkan. Keinginan dari warga untuk menutup TPA ditindaklanjuti oleh DLH Banyumas dengan menggelar pertemuan bersama desa dan BPD serta Forkompincam Ajibarang.

BACA JUGA:Atasi Penumpukan Sampah, TPA Pengadegan Bakal Gandeng Pihak Ketiga

BACA JUGA:Karyawan Pemilah TPST Sumpiuh Kembali Kerja, Sampah Tetap Dibawa TPA BLE, Imbas Proyek Parapet

"Awal tahun TPA diputuskan tutup. Namun dari dinas meminta agar pengumuman penutupan TPA tidak kembali dipasang. Saat ini pengumuman masih disimpan salah satu warga," terang dia.

Disinggung pertimbangan tidak dipasangnya kembali pengumuman penutupan TPA Desa Tipar Kidul oleh warga atas permintaan DLH, kemungkinan karena pengumuman penutupan TPA tersebut dinilai kontradiktif dengan prestasi Banyumas dalam hal pengelolaan sampah yang mendunia dimana di Banyumas disebutkan sudah tidak ada lagi TPA open dumping atau pembuangan terbuka.

"Warga terdampak sudah lama menginginkan TPA Tipar Kidul ditutup . Paska keluarnya keputusan pengadilan sekitar tahun 2019 lalu agar TPA ditutup, warga terus menunggu hingga akhirnya memasang pengumuman penutupan TPA akhir tahun lalu," pungkas Mustari. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: