Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat dari tanaman jahe untuk kesehatan tubuh.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jahe yang juga dikenal dengan nama latin Zingiber officinale Rosc sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Bahkan, sebagian masyarakat memanfaatkannya sebagai obat tradisional.

Zingiber officinale Rosc merupakan tanaman asli Asia Tenggara dan telah menyebar ke berbagai negara. Dikenal dengan aromanya yang unik, rempah ini digunakan di China, India, dan Timur Tengah sebagai bahan kuliner dan pengobatan alternatif.

Banyak penelitian telah dilakukan untuk mempelajari manfaat tanaman rimpang ini. Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari tanaman jahe untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Manfaat Bayam Hijau untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Manfaat Brokoli Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Berikut merupakan manfaat jahe untuk kesehatan tubuh:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi jahe dapat menurunkan kadar kolesterol. Terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan kolesterol tinggi, suatu kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Berdasarkan penelitian biokimia klinis dan medis, penderita kolesterol tinggi diminta mengonsumsi 5 gram bubuk jahe setiap hari selama 3 bulan. Hasilnya menunjukkan kadar kolesterol jahat mengalami penurunan sebesar 17,4% selama masa penelitian.

BACA JUGA:Beberapa Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh

2. Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah

Mengonsumsi rempah ini juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, senyawa gingerol juga meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam otot, sehingga menghilangkan kebutuhan tubuh untuk memproduksi insulin tambahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: