Tugu Lilin Cilacap Akan Dilakukan Peremajaan, Sudah Ada Lima Desain yang Diajukan

Tugu Lilin Cilacap Akan Dilakukan Peremajaan, Sudah Ada Lima Desain yang Diajukan

Salah satu desain yang diajukan pengembang untuk desain Tugu Lilin Cilacap.-Dok Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Tugu lilin atau Tugu Obor Pertamina yang terletak di lampu lalu lintas Gumilir, akan dilakukan peremajaan. Hal ini menyusul usai dilakukan pertemuan antara PT Kilang Pertamina Indonesia (KPI) RU IV CILACAP dengan Pemerintah Kabupaten CILACAP.

Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengatakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan untuk membahas desain Tugu Lilin. Terdapat lima pilihan desain yang telah diajukan kepada Pj Bupati Cilacap.

"Tugu Lilin sudah jadi salah satu landmark Kota Cilacap sejak 30 tahun lalu. Kami mengapresiasi langkah dari PT KPI RU IV Cilacap dengan merenovasi tugu tersebut," katanya, Jumat (2/2/2024).

Dikatakan Pj Bupati Cilacap, sudah saatnya ikon Cilacap kembali dipercantik. Terlebih saat ini perkembangan semakin pesat. Untuk itu, diperlukan ikon yang melambangkan keunikan dan keberagaman hayati Kabupaten Cilacap untuk mensosialisasikan ke masyarakat.

BACA JUGA:Mantap, PSCS Cilacap U-15 Lolos Babak Semi Final Putaran Nasional Piala Soeratin

BACA JUGA:Terminal Karangpucung Lama Sudah Dipindah ke Terminal Baru

"Seperti bunga wijayakusuma, plalar, meranti Jawa, penyu, elang Jawa, bangau tong tong, dan burung bluwok, ikon-ikon yang kita punya," ujar Pj Bupati Cilacap.

Diharapkan, ikon-ikon Cilacap tersebut bisa bertahan hingga 100 tahun mendatang. Sehingga dapat menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Cilacap.

"Untuk itu yang sudah ada nantinya bisa dibuat selalu bersih, indah, nyaman yang juga kita perlu jaga dan rawat," katanya.

Rencananya, untuk desain perbaikan Tugu Lilin kali ini pengembang juga menampung saran dan masukan untuk menyempurnakan desain tugu lilin yang akan dibangun. 

Sebelumnya di tahun 2023, Tugu Lilin telah dilakukan perbaikan oleh PT Kilang Pertamina Internasional RU IV. Perbaikan tersebut dilakukan tanpa mengubah desain aslinya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: