Mengenal Penyakit Polio pada Anak beserta Gejala dan Cara Mencegahnya

Mengenal Penyakit Polio pada Anak beserta Gejala dan Cara Mencegahnya

Mengenal penyalit Polio beserta gejala dan cara mencegahnya -Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyakit Polio atau yang dikenal dengan istilah Poliomyelitis, merupakan suatu kondisi penyakit yang patut diperhatikan. Di Indonesia sudah terdapat beberapa kasus Polio. Polio sendiri disebabkan oleh virus poliovirus dan dapat menyebabkan kelumpuhan otot. Oleh karena itu, kita akan membahas tentang penyakit Polio beserta gejalanya dan memberikan cara untuk mencegahnya.

Tentang Penyakit Polio

Penyakit Polio atau dalam media disebut poliomyelitis merupakan sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh virus poliovirus. Virus ini menyerang sistem saraf, terutama sumsum tulang belakang, dan dapat menyebabkan kelumpuhan otot. Polio umumnya menular melalui kontak langsung dengan tinja orang yang terinfeksi atau melalui droplet pernapasan.

Gejala polio bervariasi dari ringan hingga parah. Sebagian besar orang yang terinfeksi poliovirus tidak mengalami gejala atau hanya mengalami gejala ringan, seperti demam, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Namun, pada kasus yang lebih parah, virus dapat menyerang sistem saraf dan menyebabkan kelumpuhan, yang dapat bersifat permanen.

BACA JUGA:Sudah Lebihi Target, Dinkes Kabupaten Purbalingga Tetap Lakukan Penyisiran Sub PIN Polio

BACA JUGA:Putaran Pertama Sub PIN Polio, Capaian di Kabupaten Purbalingga Lebihi Target

Vaksin polio telah menjadi kunci utama dalam pengendalian penyakit ini. Vaksin polio oral (OPV) dan Vaksin polio inaktif (IPV) telah berhasil mengurangi insiden polio secara signifikan di seluruh dunia. Meskipun upaya global telah dilakukan untuk membasmi penyakit ini, beberapa negara masih melaporkan kasus polio, dan salah satunya Indonesia.

Gejala Penyakit Polio

Gejala polio dapat berkisar dari ringan hingga parah, dan sebagian besar orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala sama sekali. Beberapa gejala yang mungkin muncul termasuk:

1. Demam: Infeksi poliovirus dapat dimulai dengan gejala demam, sering kali tidak khas.

2. Sakit Kepala: Penderita polio dapat mengalami sakit kepala yang ringan hingga sedang.

3. Sakit Tenggorokan dan Pusing: Gejala umum lainnya termasuk sakit tenggorokan dan pusing.

4. Nyeri Otot dan Sendi: Penderita polio bisa merasakan nyeri otot dan sendi, mirip dengan gejala flu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: