Alat Berat Mulai Diturunkan Buat Alur Baru Sungai Klawing

Alat Berat Mulai Diturunkan Buat Alur Baru Sungai Klawing

Turun : Alat berat saat turun menjadi jalan ke dekat aliran sungai Klawing lewat lahan warga, Selasa 23 Januari 2024.-Amarullah Nurcahyo/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Alat berat jenis eskavator milik Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO), mulai turun ke Sungai Klawing Bancar, Selasa 23 Januari 2024. Alat itu akan menyudet aliran Klawing agar tidak menggerus puluhan rumah yang saat ini sudah terkikis parah.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purbalingga, Priyo Satmoko menjelaskan, penanganan dilakukan BBWS SO Jogjakarta karena Sungai Klawing masuk kewenangan di sana.

"Teknis dasarnya, alat beras membuat alur baru untuk mengarahkan arus Klawing tidak menghantam pemukiman seperti yang sudah terjadi saat ini," katanya.

Dalam kurun waktu 39 hari, penanganan ini dilakukan. Total Sedimen yang akan dikerjakan 96.000 meterkubik dengan 2 eskavator.

BACA JUGA:Tak Hanya Sodet Aliran, Klawing Butuh Krib

BACA JUGA:Ancam Puluhan Bangunan, Erosi Klawing Makin Parah

"Penanganan ini jangka pendek. Jangka panjang kemungkinan BBWS SO membuat Bronjong. Kami hanya berkoordinasi," tambahnya.

Fitriyanto, Koordinator operator alat berat BBWS SO mengatakan, satu eskavator sebelumnya agak kesulitan turun mencari jalan ke sungai. Karena kondisi lapangan memang kurang mendukung.

"Hampir sejam akhirnya bisa mulai mengarah ke sasaran. Kami akan membuat aliran sungai baru. Laku menangani aliran yang saat ini menggerus tebing dan rumah," tuturnya.

Seperti diberitakan, aliran Sungai Klawing masuk wilayah kota dan sepanjang aliran, semakin parah. Bahkan tercatat laporkan terakhir, sebanyak 20 bangunan ruko dan rumah warga sejumlah 22 KK si Kelurahan Bancar RT 001 RW 001 Kecamatan Purbalingga. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: