46 Desa Terima Alokasi Kinerja Dana Desa

46 Desa Terima Alokasi Kinerja Dana Desa

Desa Karangkedawung menjadi satu dari lima desa yang menerima alokasi kinerja Dana Desa di Kecamatan Sokaraja.-Yudha Iman Primadi/Radar Banyuma-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 46 desa di Kabupaten Banyumas menerima alokasi kinerja Dana Desa tahun ini.

Data yang dihimpun Radarmas, 46 desa penerima tersebar di 18 kecamatan. Sumbang menjadi kecamatan dengan desa penerima alokasi Dana Desa Terbanyak, yaitu ada enam desa. Diikuti lima desa di Sokaraja, dan lima desa di Baturraden.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinsospermades Banyumas, Bambang Junaidi mengatakan, data 46 desa penerima alokasi kinerja Dana Desa tercantum dalam lampiran Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 146 Tahun 2023 Tentang Pengalokasian Dana Desa Setiap Desa, Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2024. Informasi tersebut terbuka dan dapat diketahui semua masyarakat.

"Ada 46 desa yang menerima alokasi kinerja," katanya.

BACA JUGA:Lima Desa Terima Dana Desa Lebih dari Rp 2 Miliar

BACA JUGA:8 Manfaat Dana Desa di Indonesia, Harus Dimanfaatkan dengan Baik

Bambang menjelaskan, penetapan jumlah desa penerima alokasi kinerja pada setiap kabupaten/kota ditetapkan secara proporsional dengan ketentuan. Di Banyumas dengan total desa sebanyak 301 desa, maka persentase jumlah desa penerima alokasi kinerja sebanyak 15 persen dari 301 desa. Semakin banyak jumlah desa, maka persentase jumlah desa penerima alokasi kinerja semakin sedikit.

"Jumlah desa se Kabupaten 101 hingga 400 desa persentasenya 15 persen. Banyumas masuk ke kategori itu," terang dia.

Adapun alokasi kinerja setiap desa terdiri dari dua status pemerintah daerah. Pertama pemerintah daerah yang melakukan penilaian indikator tambahan kinerja desa besaran alokasi kinerjanya Rp 255,75 juta dan pemerintah daerah yang tidak melakukan penilaian indikator tambahan kinerja desa hanya sebesar Rp 204,6 juta.

"Total alokasi kinerja untuk 46 desa Rp 11.764.500.000. Semua menerima Rp 255,75 juta," pungkas Bambang. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: