Hari Kelima Sub PIN Polio di Cilacap Capai 73,51 Persen

Hari Kelima Sub PIN Polio di Cilacap Capai 73,51 Persen

Pj Bupati Cilacap memantau kegiatan Sub PIN Polio.-Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Antusiasme masyarakat Kabupaten CILACAP untuk mengikuti Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio cukup tinggi. Hal ini terbukti berdasarkan capaian target sasaran pada putaran pertama yang mencapai 73,51 persen.

"Hari ini memasuki hari kelima pada putaran pertama, dan sudah mencapai 73,51 persen dari target sasaran. Masih ada dua hari lagi untuk menyelesaikan di masing-masing desa sesuai jadwal yang sudah ditetapkan," kata Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, dr Pramesti Giriana Dewi, Jumat (29/1/2024).

Upaya untuk memenuhi target, juga dilakukan dengan pelaksanaan sweeping kepada sasaran yang belum ditemukan atau belum siap divaksin sesuai jadwal yang ditetapkan. Sweeping tersebut akan dilakukan selama lima hari. 

"Target pemerintah pusat, 95 persen untuk pelaksanaan Sub PIN Polio. Kami harap masyarakat bisa membawa anaknya untuk melakukan imunisasi ini," kata dia.

BACA JUGA:Terganjal Usia, 50 Guru Madrasah di Cilacap Belum Dapatkan SK Inpassing

BACA JUGA:Jembatan Gantung di Bulaksari, Cilacap Butuh Penanganan, Akses Utama Penghubung Dua Desa

Program ini dilaksanakan dalam dua putaran. Untuk putaran pertama pada 15-21 Januari 2024 dan putaran kedua pada 19-25 Februari 2024. Kemudian dilakukan secara oral sebanyak dua tetes kepada anak usia 0-7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Sementara itu, pihaknya juga meminta masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan guna melakukan pencegahan penularan virus Polio. 

"Selain upaya pelaksanaan Sub PIN Polio yang merupakan program imunisasi tambahan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, gaya hidup bersih dan sehat juga perlu diterapkan oleh masyarakat," kata Pramesti. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: