Jangan Terjebak! Ini Ciri-Ciri Catfishing yang Harus Diwaspadai di Aplikasi Dating Online

Jangan Terjebak! Ini Ciri-Ciri Catfishing yang Harus Diwaspadai di Aplikasi Dating Online

Kenali Ciri-ciri Catfishing-Freepik-

Ciri-ciri catfishing yang pertama adalah menolak untuk menunjukkan wajah. Jika dalam interaksi online mereka selalu menolak untuk berbicara melalui video call atau telepon, bisa jadi mereka sedang melakukan catfishing. Alasan penolakan ini mungkin beragam, seperti malu menunjukkan wajah atau mengklaim ada masalah dengan kamera perangkat mereka.

Mereka juga enggan mengirimkan foto diri mereka dan hanya menunjukkan gambar yang sudah ada di profil akun atau media sosial mereka. Hindari juga pertemuan tatap muka, bahkan hingga keengganan untuk hadir saat rencana pertemuan sudah disepakati.

2. Berlebihan dalam Menggambarkan Diri

Selain menolah menunjukkan wajah, menggambarkan diri secara berlebihan juga menjadi salah satu ciri-ciri catfishing yang perlu diwaspadai. Orang yang melakukan catfishing sering terlihat terlalu sempurna untuk menjadi kenyataan. Mereka menciptakan kepribadian dan cerita hidup yang sangat menarik, bahkan sulit dipercaya secara logis.

Tak hanya itu, mereka seringkali membuat cerita atau latar belakang hidup yang sangat menyedihkan untuk mendapatkan simpati, seperti hubungan masa lalu yang tragis atau keluarga yang bermasalah. Namun, di balik kisah penuh emosi ini, pelaku catfishing biasanya enggan memberikan rincian tentang masa depan mereka, keluarga, atau pekerjaan saat ini.

BACA JUGA:Ini 6 Cara Memahami Wanita, Pria Wajib Tahu

BACA JUGA:Yuk Simak 6 Cara Memahami Laki-laki Berikut Agar Mudah Mengerti

3. Perilaku Romantis yang Berlebihan

Meskipun mendapat perhatian dan sikap romantis terasa menyenangkan, Anda harus berhati-hati jika hal tersebut datang dari seseorang yang baru dikenal secara online, karena bisa jadi taktik catfishing.

Pelaku catfishing seringkali menggunakan kata-kata penuh cinta dan mencoba membuat Anda terlibat dalam hubungan serius, meskipun kalian belum pernah bertemu secara langsung.

4. Meminta Uang atau Informasi Pribadi

Ketika terjerat dalam perasaan cinta, terkadang logika bisa terabaikan. Ada kemungkinan Anda setuju untuk memberikan sejumlah uang atau informasi berharga kepada orang yang baru dikenal karena sudah merasa percaya.

Untuk menghindari risiko, penting untuk menahan diri dari memberikan uang atau informasi berharga, meskipun mereka terus memohon dan mengiringinya dengan cerita dramatis.

Dengan memahami dan waspada terhadap ciri-ciri catfishing saat menggunakan aplikasi dating online, kita dapat melindungi diri dari potensi risiko dan kekecewaan. Sebelum terlibat lebih jauh, selalu periksa tanda-tanda seperti penolakan untuk menunjukkan wajah, penggambaran diri yang terlalu sempurna, perilaku romantis berlebihan, dan permintaan uang atau informasi pribadi yang mencurigakan. Ingatlah bahwa keamanan dan kewaspadaan adalah kunci untuk menjaga pengalaman dating online tetap positif dan terhindar dari kemungkinan penipuan. (amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: