Sudah Tahu Belum? Begini Cara Menangani Gejala Mata Minus dengan Efektif

Sudah Tahu Belum? Begini Cara Menangani Gejala Mata Minus dengan Efektif

Cara Mengatasi Gejala Mata Minus-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gejala mata minus bukan hanya membuat penglihatan kabur saat melihat benda yang jauh, tapi juga bisa menyebabkan sakit kepala dan mata yang terasa lelah. Tentu saja, keluhan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga perlu ditangani dengan baik.

Mata minus, atau yang dikenal sebagai miopia dalam istilah medis adalah kondisi ketajaman penglihatan yang membuat sulit untuk fokus pada objek yang berada di kejauhan. Hal ini menyebabkan objek terlihat buram.

Beberapa penyebab gejala mata minus antara lain kebiasaan membaca dengan jarak terlalu dekat, kurangnya kegiatan di luar ruangan, dan terlalu lama menatap layar gawai. Orang yang memiliki riwayat keluarga dengan miopia juga lebih berisiko mengalami kondisi serupa.

Gejala Mata Minus

Gejala mata minus yang mungkin dialami penderitanya antara lain:

  • Pandangan kabur saat melihat objek yang jauh.
  • Sakit kepala.
  • Mata terasa tegang.
  • Sering menyipitkan mata untuk melihat objek yang jauh.
  • Mata lelah saat melakukan aktivitas yang memerlukan penglihatan jarak jauh, seperti mengemudi atau berolahraga.
  • Kecenderungan untuk duduk lebih dekat dengan layar TV atau komputer.
  • Sering memegang benda dekat dengan wajah.

BACA JUGA:Berikut Adalah Penyebab Mata Minus yang Dapat Mempengaruhi Gangguan Refraktif

BACA JUGA:Ini Faktor-Faktor Penyebab Mata Minus Beserta Gejalanya

Orang dewasa dengan mata minus biasanya merasakan ketidaknyamanan saat melakukan aktivitas yang membutuhkan kemampuan visual. Mereka menyadari bahwa ini menjadi masalah pada penglihatan mereka.

Sebaliknya, gejala mata minus pada anak-anak lebih sulit dikenali karena mereka cenderung tidak menyadari gejala tersebut. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting untuk mendeteksi adanya gejala mata minus pada anak. Beberapa perilaku anak yang bisa mengindikasikan gejala mata minus antara lain anak menyipitkan mata terus-menerus, berkedip berlebihan, sering menggosok mata, bahkan penurunan prestasi di sekolah.

Cara Mengatasi Gejala Mata Minus

Berbagai gejala mata minus bisa membaik dengan penanganan yang tepat. Meskipun mata minus tidak bisa sembuh sepenuhnya, tetapi gejalanya dapat diatasi dengan cara-cara berikut:

1. Menggunakan Kacamata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: