Pemkab Banjarnegara Bangun Rest Area dan Pusat Kuliner Khas Dieng di Kecamatan Batur

Pemkab Banjarnegara Bangun Rest Area dan Pusat Kuliner Khas Dieng di Kecamatan Batur

Pj Bupati Banjarnegara Muhammad Masrofi saat peletakan batu pertama pembangunan rumah display produk (marketing house) di Desa Sumberejo Kecamatan Batur.-PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten BANJARNEGARA melalui Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan, sedang membangun sebuah 'Marketing House' atau Rumah Display Produk di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur. Tempat ini nantinya akan berfungsi sebagai rest area sekaligus pusat kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng.

Pembangunan tahap pertama ini dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Penjabat (Pj) Bupati Banjarnegara, Muhamad Masrofi, dan Sekretaris Daerah, Indarto, pada Jumat (23/8/2024).

Firman Sapta Adi, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara menyatakan, proyek ini didanai oleh Kementerian Pertanian dengan anggaran sebesar Rp 772.510.000.

“Pembangunan tahap pertama akan berlangsung selama 75 hari, mulai 16 Agustus hingga 30 Oktober 2024. Tahap kedua akan dilanjutkan pada tahun 2025 untuk pengembangan kawasan Rumah Display Produk ini,” ujar Firman, Rabu (28/8/2024). 

BACA JUGA:Pj Bupati Banjarnegara Lantik Enam Kepala Desa yang Sebelumnya Tanpa Pemimpin

BACA JUGA:Diperkirakan Perputaran Uang Dieng Culture Festival 2024 Selama Tiga Hari Mencapai Rp 50 Miliar

Rumah Display Produk ini nantinya akan menampilkan berbagai hasil pertanian dan produk unggulan dari Banjarnegara, seperti Kopi Banjarnegara, Sate Domba Batur, serta produk UMKM lainnya dari kawasan Dieng dan sekitarnya.

Pj Bupati Banjarnegara, Muhamad Masrofi, menegaskan bahwa fasilitas ini penting untuk memfasilitasi para wisatawan yang mencari tempat istirahat dan kuliner sebelum sampai ke Dieng. 

“Selama ini, wisatawan dari luar kota kesulitan menemukan tempat kuliner yang layak sebelum tiba di Dieng. ‘Marketing House’ ini diharapkan menjadi solusi bagi mereka untuk beristirahat dan menikmati kuliner khas Dieng,” jelas Masrofi.

Masrofi juga menekankan bahwa Rumah Display Produk ini harus dibangun dengan rapi, bersih, dan menarik agar dapat menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Dieng. 

BACA JUGA:Petani Banjarnegara Berinovasi Ciptakan Cascara, Teh yang Dibuat dari Kulit Buah Kopi

BACA JUGA:Belasan Anak Jalani Ritual Proses Cukur Rambut Gimbal di Puncak Dieng Culture Festival 2024

“Kami akan menyuguhkan wisatawan dengan makanan dan minuman khas Banjarnegara, terutama dari Dieng, sehingga tempat ini menjadi incaran wisatawan,” tambahnya.

Camat Batur, Aji Piluroso, menyambut baik pembangunan Rumah Display Produk ini, yang juga akan dimanfaatkan sebagai rest area.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: