Keramas Tanpa Sampo Bagus untuk Kesehatan Rambut, Mitos atau Fakta?

Keramas Tanpa Sampo Bagus untuk Kesehatan Rambut, Mitos atau Fakta?

Fakta di Balik Metode Keramas Tanpa Sampo-Freepik-

RADARANYUMAS.DISWAY.ID - Sejumlah individu memilih untuk tidak menggunakan sampo saat keramas dengan alasan mengurangi eksposur terhadap bahan kimia, serta diyakini memiliki manfaat positif bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Tetapi, apakah pandangan ini benar? Mari kita lihat fakta dan metodenya di sini!

Prosedur keramas tanpa sampo, yang lebih dikenal dengan istilah no poo, telah menjadi semakin dikenal di kalangan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh keprihatinan banyak orang terhadap dampak negatif bahan kimia yang terdapat dalam sampo terhadap kesehatan rambut dan kulit kepala.

Terlebih lagi, banyak sampo konvensional mengandung surfaktan, sulfat, dan silikon yang tujuannya adalah memberikan efek kebersihan dan kilau pada rambut. Akan tetapi, bahan-bahan kimia tersebut dapat membuat rambut menjadi kering karena menghilangkan minyak alami yang ada di kulit kepala.

Fakta di Balik Metode Keramas Tanpa Sampo

Mungkin terbersit di benak Anda bahwa metode keramas tanpa sampo bisa membuat rambut terlihat lepek atau kulit kepala menjadi gatal. Sebabnya mungkin adalah pemahaman bahwa keramas tanpa sampo berarti hanya menggunakan air sebagai bahan pembersih.

BACA JUGA:Cara Keramas yang Benar agar Tidak Merusak Rambut

BACA JUGA:Gunakan Sampanye untuk Keramasi Rambut Pelanggan

Sebenarnya, keramas tanpa sampo tidak berarti sepenuhnya tanpa penggunaan bahan pembersih untuk kulit kepala dan rambut. Namun, dalam metode ini, sampo biasa digantikan dengan bahan-bahan alami seperti cuka apel, baking soda, atau minyak kelapa.

Pertanyaannya, apakah metode keramas tanpa sampo ini memang lebih baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala?

Dengan tidak terpapar bahan kimia dan deterjen, keramas tanpa sampo dapat membantu kulit kepala untuk mempertahankan minyak alaminya. Ini memiliki dampak positif dengan menjaga kelembapan alami kulit kepala, sehingga masalah kulit kepala kering dan gatal dapat dicegah.

Selain mencegah rambut dan kulit kepala kering, metode keramas tanpa sampo ini juga diyakini memiliki beberapa manfaat lain, seperti:

  1. Membuat rambut lebih bervolume
  2. Menghaluskan rambut
  3. Mengatasi ketombe
  4. Mengatasi rambut kusut yang disebabkan oleh rambut kering

BACA JUGA:Tips Perawatan Rambut yang Efektif Agar Selalu Sehat dan Berkilau

BACA JUGA:Yuk , Cari Tahu Cara Mendapatkan Rambut yang Bersinar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: