Armada Damkar Sudah Usang, Cilacap Kekurangan Armada

Armada Damkar Sudah Usang, Cilacap Kekurangan Armada

Armada Damkar terparkir di halaman Pos Damkar Kroya.-Aji untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tingginya angka kasus kebakaran, membuat Damkar CILACAP cukup kewalahan. Hal ini disebabkan karena keterbatasan armada Damkar di Kabupaten CILACAP.

Seperti halnya di wilayah Pos Damkar Kroya, saat ini terdapat dua armada Damkar di wilayah tersebut. Namun, satu armada sudah tua sehingga sering terjadi kendala. 

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi mengatakan, usia kendaraan Damkar dan anggaran pemeliharaan yang terbatas  berdampak terhadap beberapa kejadian kebakaran.

"Semakin tahun, semakin banyak permintaan masyarakat, jika hanya satu armada keluar, dan ada urgensi lainnya tidak terlayani secara optimal akibat kendaraan lain yang mogok," katanya.

BACA JUGA:Jelang Laga Kontra Persipura Jayapura, Pelatih PSCS Cilacap : Wajib Menang

BACA JUGA:Pergi dari Rumah, Warga Patimuan Ditemukan Mengambang di Perairan Nusakambangan Cilacap

Belum lagi, kata Supriyadi, area wilayah Kabupaten Cilacap yang sangat luas sehingga menghambat respon time. Terlebih lokasi yang jauh dijangkau.

Selain itu, saat ini Kabupaten Cilacap baru memiliki empat Pos Damkar. Yakni Pos Damkar Cilacap, Kroya, Sidareja dan Pos Damkar Majenang.

"Saat ini untuk fire truck jumlahnya ada delapan dan rescue ada satu. Masing-masing pos ada dua fire truck. Idealnya tambah empat unit lagi," katanya. 

Namun, kata Supriyadi, di tahun 2024 ini belum ada rencana penambahan armada Damkar di wilayah Kabupaten Cilacap. Pihaknya tetap berupaya semaksimal mungkin untuk  memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: