Pelaku Pelayaran di Cilacap Diminta Waspadai Cuaca Buruk

Pelaku Pelayaran di Cilacap Diminta Waspadai Cuaca Buruk

Sejumlah kapal nelayan bersandar di wilayah PPSC.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan pelaku pelayaran khususnya perahu nelayan, untuk mewaspadai adanya gelombang tinggi 2,5 meter di wilayah perairan CILACAP

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan, peringatan dini terkait tinggi gelombang telah dikeluarkan untuk waspada keselamatan pelaku pelayaran.

"Ketinggian gelombang di perairan itu berkisar antara 1,0 sampai 2,5 meter hingga 9 Januari 2024 mendatang," katanya.

 Peringatan dini tersebut dikeluarkan agar para pelaku pelayaran dapat meningkatkan kewaspadaan sehingga tidak terjadi kecelakaan laut.

BACA JUGA:Masih Ada Puluhan Hektare Kawasan Kumuh di Kabupaten Cilacap

BACA JUGA:Hari Keempat Pendaftaran, Baru 1.274 Berkas Pendaftar PTPS Masuk ke Bawaslu Cilacap

Terlebih saat ini, katanya, cuaca buruk sedang melanda sebagian wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. 

 "Perairan dan Samudera Hindia Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, cuacanya berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang. Angin umumnya bertiup berubah-ubah dengan kecepatan 2-16 knot," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya minta pelaku pelayaran bagian selatan dapat meningkatkan kewaspadaan jika melaut. Terlebih banyak kejadian laka laut yang terjadi di wilayah pesisir selatan Cilacap 

 "Kami berharap pelaku pelayaran, baik nelayan, wisata, dan penumpang dapat mematuhi peringatan dini dan melakukan sejumlah SOP yang sudah diterapkan agar tidak menimbulkan kecelakaan laut," kata Rendi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: