Ragam Olahraga yang Dapat Meringankan Nyeri Saat Haid

Ragam Olahraga yang Dapat Meringankan Nyeri Saat Haid

Nyeri saat Haid-freepik-

Kegiatan berenang termasuk jenis olahraga yang dapat mengurangi kram dan kelelahan selama menstruasi. Disarankan untuk berenang selama 10–30 menit, 2–5 kali seminggu.

BACA JUGA:Cara Efektif Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga Berenang

BACA JUGA:8 Manfaat Berenang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

3. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga aerobik ringan yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri saat haid. Dengan menjadikannya rutinitas, bersepeda dapat meningkatkan peredaran darah dan merilekskan tubuh, sehingga nyeri haid pun berkurang.

Bagi pemula, dapat dimulai dengan bersepeda selama 15–20 menit, kemudian secara bertahap ditingkatkan hingga mencapai 30 menit setiap harinya.

4. Yoga

Yoga merupakan olahraga ringan yang membantu relaksasi tubuh, ketenangan pikiran, dan mengurangi keluhan nyeri haid. Olahraga ini praktis dan bisa dilakukan di rumah terbukti efektif mengatasi gejala nyeri dan stres pada masa menstruasi.

5. Pilates

Gerakan dalam pilates bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah, meregangkan otot, serta merangsang hormon endorfin yang dapat mengurangi nyeri menstruasi. Selain itu, pilates juga baik untuk memperkuat otot dan sendi serta mengurangi nyeri punggung.

Selain opsi-opsi olahraga tersebut, ada pilihan lain seperti senam aerobik dan senam zumba yang juga dapat dicoba untuk mengurangi nyeri saat haid. Meskipun intensitasnya perlu dikurangi, tetaplah berolahraga selama menstruasi, pilihlah jenis olahraga yang Anda nikmati. Selain meredakan nyeri haid, berolahraga juga dapat mengurangi tingkat stres.

Apabila berbagai olahraga tersebut tidak memberikan efek yang diharapkan dalam mengurangi nyeri saat haid, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai. (amp/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: