8 Manfaat Berenang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

8 Manfaat Berenang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Ini 8 Manfaat Berenang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Manfaat berenang bagi kesehatan tidak perlu dipertanyakan lagi. Olahraga ini telah diakui sebagai aktivitas yang sangat baik untuk kesehatan jantung, dan manfaatnya tidak terbatas pada aspek tersebut. 

Renang termasuk dalam kategori olahraga kardiovaskular yang efektif untuk memperkuat otot tubuh dan daya tahan jantung. Selain itu, melibatkan diri dalam kegiatan berenang secara teratur dapat meningkatkan tingkat metabolisme, yang pada gilirannya membantu tubuh dalam membakar lebih banyak kalori.

Tidak mengherankan jika berenang sering direkomendasikan sebagai olahraga yang bermanfaat untuk mengurangi berat badan, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Tak hanya itu, masih ada banyak lagi manfaat berenang bagi kesehatan. 

Ada empat gaya berenang utama, yaitu gaya bebas, gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu. Anda dapat mempelajarinya melalui latihan yang teratur. Ketika dilakukan secara konsisten, berenang membawa berbagai manfaat yang dapat dinikmati, antara lain.

BACA JUGA:Ini Cara Berenang di Sungai Aare yang Biasa Dilakukan Wisatawan, Tempat Hilangnya Anak Ridwan Kamil

BACA JUGA:Rekomendasi Hotel Dengan Kolam Renang di Purwokerto 

1. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Paru-paru

Selain memberikan dampak positif pada kesehatan jantung, jika dilakukan secara teratur, manfaat berenang bagi tubuh ialah untuk menjaga kesehatan dan fungsi paru-paru. Aktivitas ini mampu melatih otot-otot yang terlibat dalam proses pernapasan, serta meningkatkan kapasitas udara yang mampu diakomodasi oleh paru-paru. Dengan demikian, kekuatan dan daya tampung paru-paru dapat mengalami peningkatan.

2. Membangun Massa Otot

Ragam gerakan dalam olahraga renang memaksa hampir semua otot tubuh untuk berkontraksi melawan tekanan air. Manfaat berenang yang satu ini berkontribusi pada peningkatan kelenturan dan massa otot secara keseluruhan. Berenang juga efektif untuk mengencangkan dan membentuk otot betis, serta membantu menguatkan otot dada.

3. Menurunkan Berat Badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: