Hujan Lebat Lebih 2 Jam, 70 KK Terdampak Banjir Luapan di Kedungpring Kemranjen

Hujan Lebat Lebih 2 Jam, 70 KK Terdampak Banjir Luapan di Kedungpring Kemranjen

Petugas BPBD saat memantau banjir luapan yang sudah mulai surut, Jumat (4/1/2024).-BPBD UNTUK RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi selama lebih dari 2 jam di Rt 1 dan 2 Rw 2 Grumbul Silandung Desa Kedungpring Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas mengakibatkan terjadinya banjir luapan, Kamis (4/1/2024). 

Banjir luapan terjadi dan menggenangi pemukiman warga dengan permukaan air setinggi mata kaki. Meski banjir telah surut namun akibat kejadian itu setidaknya terdapak 70 KK di Rt 1 dan Rt 2 Desa Kedungpring yang terdampak. 

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Budi Nugroho mengatakan, banjir luapan terjadi karena diakibatkan hujan lebat selama lebih dari 2 jam, dan adanya penyumbatan gorong-gorong atau saluran drainase. 

BACA JUGA:Ikuti Program Pendampingan BRI, UMKM Ini Jadi Tahan Banting

"Hujan intensitas tinggi lebih dari dua jam dari Pukul 15.00 WIB di wilayah kemranjen dan Somagede sehingga irigasi dari petarangan banjir membawa sampah dan menyumbat di gorong - gorong sehingga air naik ke pemukiman warga setinggi mata kaki," katanya, Jumat (5/1/2024). 

Budi menyebutkan, sebanyak 30 KK warga terdampak di Rt 1 dan 40 KK di Rt 2.

"Ketinggian air di pemukiman kurang lebih 10 Cm," lanjutnya. 

BACA JUGA:Bawa Sepuluh Penumpang, Odong-odong Alami Kecelakaan di Bogangin Banyumas

Dan setelah banjir luapan berangsur surut pada pukul 18.00 WIB, pukul 19.00 WIB dilakukan koordinasi untuk membersihkan sumbatan di gorong-gorong. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: