Usaha Jasa Pariwisata di Purbalingga Didominasi Bisnis Kuliner

Usaha Jasa Pariwisata di Purbalingga Didominasi Bisnis Kuliner

Kepala Dinporapar Kabupaten Purbalingga Prayitno.-ADITYA/RADARMAS -

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID -Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga mencatat sebanyak 1.594 usaha jasa Pariwisata, sudah berizin.

Hal itu didasari dari data usaha jasa pariwisata yang telah memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB di Kabupaten Purbalingga.

Kepala Dinporapar Kabupaten Purbalingga Prayitno mengatakan hal tersebut, disela-sela pembukaan destinasi kuliner di Desa Babakan, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Rabu, 3 Januari 2023.

Dia menambahkan, dari 1.594 usaha jasa pariwisata yang telah memiliki NIB tersebut, didominasi oleh usaha berupa bisnis kuliner atau café, restoran, makan minum ada 1.060 usaha. 

BACA JUGA:Pariwisata di Purbalingga Diklain Mulai Tumbuh Paska Pandemi

“Kami terus mendorong usaha jasa pariwisata untuk mengajukan NIB. Karena mendukung pemerintah dalam hal mengurangi pengangguran. Serta, menambah pajak dari sektor restoran,” tambahnya.

Ditambahkan olehnya selama tahun 2023 telah terbit NIB sebanyak 854 usaha jasa pariwisata. Data tersebut dihimpun hingga 30 November 2023.

Prayitno mengakui, masih ada usaha jasa pariwisata yang belum berizin, yakni sekira 480 usaha. 

Dia juga mengapresiasi dibukanya destinasi kuliner baru di Desa Babakan. Sebab, usaha tersebut menambah pilihan wisatawan atau penggemar kuliner yang datang Purbalingga. 

BACA JUGA:35.703 Wisatawan Kunjungi Purbalingga Selama Libur Tahun Baru, D'Las Serang Paling Banyak Kunjungan

Dia mengungkapkan, dari sisi kunjungan wisata, Purbalingga menempati posisi keenam di Jawa Tengah.

Pada tahun 2023 lalu, kunjungan wisatawan tercatat lebih dari 2,2 juta. Khusus selama libur Nataru atau Natal dan Tahun Baru tercatat 168.464 kunjungan wisatawan. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: