7 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Paylater yang Perlu Diketahui

7 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Paylater yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Paylater-Freepik-

Saat ini, paylater merupakan fitur yang menyediakan beragam opsi cicilan. Melalui aplikasi paylater, pengguna dapat memilih tenor cicilan mulai dari 1 bulan hingga 1 tahun. 

BACA JUGA:Keuntungan Fitur PayLater Traveloka Dibanding Transfer Bank, Beli Sekarang Bayar Nanti

BACA JUGA:Telkomsel dan Kredivo Inisiasi Layanan BNPL Telco ‘Telkomsel PayLater’, Buka Lebih Banyak Peluang dengan Hadir

Kelebihan menggunakan paylater ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan jangka waktu pembayaran cicilan sesuai kebutuhan. Semakin singkat tenor cicilan yang dipilih, semakin kecil pula beban bunga yang harus dibayarkan.

Kekurangan Menggunakan Paylater

1. Meningkatkan jumlah utang

Salah satu kekurangan menggunakan paylater adalah mendorong konsumen untuk menjadi terlalu konsumtif. Kemudahan yang ditawarkan membuat konsumen lebih mudah tergoda untuk menambah jumlah utang. 

Jika sebelumnya sudah memiliki kewajiban pembayaran seperti kartu kredit atau cicilan lainnya, penggunaan paylater yang konsumtif dapat menyebabkan bertambahnya jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulan.

2. Boros akibat promo dan nilai pinjaman rendah

Selain bisa menambah utang, kekurangan menggunakan paylater ialah menyebabkan pemborosan karena banyaknya promo dll. Pengguna akan cenderung menjadi lebih boros dengan pinjaman yang memiliki nilai rendah, karena mereka mungkin meremehkan kewajiban pembayaran yang harus dilakukan di kemudian hari. 

BACA JUGA:Boncos Tahun Lalu? Terapkan 5 Tips Mengatur Keuangan ini untuk Kesuksesan di 2024!

BACA JUGA:Cara Mengelola Keuangan Bisnis Agar Terhindar dari Kerugian

Kebiasaan boros ini dapat merusak manajemen keuangan, karena pengguna mungkin tergoda untuk membeli barang-barang yang bukan prioritas hanya karena ada promo.

3. Bunga dan denda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: