Zakat di Cilacap Melampaui Target

 Zakat di Cilacap Melampaui Target

Pj Bupati Cilacap menyerahkan bantuan Palestina. Untuk zakat yang terkumpul sudah melampaui target. -Dok Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Ketua BAZNAS Kabupaten CILACAP, Irvan Rahma menyampaikan bahwa selama tahun 2023 pihaknya telah mengumpulkan zakat, infak dan sodaqoh sebanyak Rp 19.857.431.558.

Dikatakan Irvan, jumlah tersebut melebihi target Rp 16 miliar di tahun 2023 sebanyak Rp 3,5 miliar atau naik 18 persen. Pihaknya akan terus berupaya melakukan peningkatan di tahun 2024 ini. 

"Masih banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan kita sehingga melihat potensi ini, BAZNAS akan menambah target ZIS Kabupaten Cilacap menjadi Rp 20.800.000," kata dia.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap agar masyarakat di Cilacap dapat merasakan adanya aliran zakat yang diberikan oleh para muzaki.

BACA JUGA:Kera Liar Obrak-Abrik Warung dan Genting Rumah Warga di Cilacap Utara

BACA JUGA:Pantai Selatan Cilacap Kembali Memakan Korban, Seorang Remaja Tenggelam di Pantai Sidayu

"Untuk porsi pembagian penyaluran atau pendistribusian zakat dan infaq di tahun 2023 ini, 50-70 persen diserahkan ke UPZ (Unit Pengumpul Zakat) dan sisanya dikelola oleh BAZNAS Kabupaten Cilacap. Jadi yang kita kelola di Kabupaten Cilacap hanya 30-50 persen," ujarnya.

Sementara itu Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri juga mengajak para ASN di lingkungan Pemkab Cilacap agar dapat menunaikan zakat sesuai dengan Surat Edaran dari Setda Kabupaten Cilacap. 

"Kepada para Kepala OPD untuk bisa lebih aktif dan ikut mendorong serta memotivasi seluruh ASN di masing-masing dinas instansi, agar dapat menunaikan zakatnya sesuai dengan Surat Edaran dari Setda Kabupaten Cilacap," kata Pj Bupati. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: