Gerakan Yoga yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Gerakan Yoga yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Gerakan Yoga yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan-Hello Sehat -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Yoga telah lama dikenal sebagai salah satu bentuk latihan fisik dan mental yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah kemampuannya untuk membantu dalam penurunan berat badan.

Salah satu aspek krusial yang membuat yoga efektif dalam menurunkan berat badan adalah kemampuannya dalam melatih mindfulness atau kesadaran penuh. Mindfulness yang dikembangkan melalui praktik yoga dapat membantu seseorang mengontrol kebiasaan makan berlebih. 

Studi yang dilaporkan oleh Healthline pada tahun 2016 menegaskan bahwa individu yang mengintegrasikan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari, terutama melalui yoga, cenderung lebih mampu menahan godaan asupan makanan yang tidak sehat.

Terdapat beberapa gerakan yoga yang dapat dijadikan pilihan untuk membantu proses penurunan berat badan. Salah satunya adalah Sun Salutation. Gerakan ini melibatkan serangkaian langkah yang mencakup gerakan tubuh yang menyeluruh, membantu meningkatkan fleksibilitas serta membakar kalori dengan efektif.

BACA JUGA:Tidak Hanya Meredakan Stress, Inilah Manfaat Rutin Melakukan Yoga

BACA JUGA:Waktu yang Tepat untuk Olahraga Yoga, Begini Penjelasan Lengkapnya!

Selain itu, gerakan seperti Vinyasa, Ashtanga, atau Power Yoga juga terbukti membantu meningkatkan aktivitas fisik yang dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Kombinasi dari gerakan-gerakan ini dengan pernapasan yang teratur akan membantu membakar lemak dan menguatkan otot, sehingga membantu mencapai berat badan yang diinginkan. Berikut penjelasan lengkap tentang gerakan yoga yang efektif untuk menurunkan berat badan:

1. Gerakan Sun Salutations 

Salah satu gerakan yoga yang terbukti efektif dalam membantu penurunan berat badan adalah Sun Salutations atau salam surya. Gerakan ini tidak hanya meningkatkan aktivitas fisik, tetapi juga membantu dalam pengembangan kesadaran penuh terhadap gerakan tubuh dan pernapasan.

Cara Melakukan Sun Salutations dengan cara berdiri Tegak dan Angkat Kedua Tangan ke Atas. Tarik napas dalam-dalam sambil mengangkat kedua tangan ke atas dengan memanjangkan tubuh.

Buang napas perlahan sambil menurunkan tangan dan menjatuhkan badan ke depan, membentuk posisi forward bend dengan wajah bertemu lutut. Mundurkan kaki ke belakang, entah melompat atau melangkah, menuju posisi plank. Tahan posisi ini selama lima tarikan napas.

BACA JUGA:8 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Fisik, Sangat Baik Dijadikan Rutinitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: