Jay Idzes Resmi Jadi WNI! Amunisi Skuad Timnas Garuda Bertambah!

Jay Idzes Resmi Jadi WNI! Amunisi Skuad Timnas Garuda Bertambah!

Jay Idzes Resmi Jadi WNI! Amunisi Skuad Timnas Garuda Bertambah!-bolanusantara.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jay Idzes, calon pemain Timnas Indonesia, resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah mengikuti upacara pengambilan sumpah.

Pelaksanaan diadakan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta pada pagi hari Kamis, 28 Desember.

Jay, yang merupakan pemain bola berusia 23 tahun, tiba di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebelum pukul 08.00 WIB.

Dia mengenakan kemeja putih, jas hitam, peci hitam, dan dasi merah.

BACA JUGA:Sejarah Dasar Hukum Pewarganegaraan atau Naturalisasi di Indonesia

BACA JUGA:Terbaru Jelang Timnas Indonesia vs Vietnam, Pattynama Resmi Dinaturalisasi, PSSI: Terimakasih Pak Jokowi

Sambil menanti prosesi pengambilan sumpah, Jay ramah berfoto dengan beberapa orang di Kantor Wilayah tersebut, senyum cerah terpancar sejak awal kedatangannya. 

Setelahnya, Idzes segera memasuki lokasi pengambilan sumpah menjadi warga negara Indonesia. Prosesi tersebut dipandu oleh Ibnu Chuldun, Kepala Kantor Wilayah DKI Jakarta.

Meskipun awak media tidak diperbolehkan menghadiri acara tersebut, namun penonton dapat menyaksikannya melalui siaran langsung di kanal YouTube PSSI.

Dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, tak berapa lama kemudian, Idzes mengambil sumpah secara langsung.

BACA JUGA:Dinaturalisasi 2020, Marc Klok Baru Bisa Berbaju Garuda untuk SEA Games Vietnam

BACA JUGA:Shin Tae-yong Sodorkan Tiga Pemain Naturalisasi

Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh," ucap Idzes mengikuti ucapan Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun. 

"Melepaskan, seluruh kesetiaan setia saya kepada kekuasaan asing, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya, sebagai warga negara Indonesia dengan tulus dan ikhlas," sambungnya kemudian.

Dengan selesainya tahap naturalisasi ini, Jay Idzes kini siap untuk segera berkontribusi dalam penguatan Timnas Indonesia. 

Serta menambah jumlah pemain yang telah menjalani proses naturalisasi sebagai keturunan.

Naturalisasi Idzes berjalan cepat, mirip dengan Nathan Tjoe-A-On yang belum mengambil sumpah WNI. Pada awal Desember 2023, Komisi III dan X DPR RI menyetujui permohonan naturalisasi keduanya. 

Sehari setelahnya, Paripurna DPR menyetujui dengan menggempur palu persetujuan.

BACA JUGA:Soal Naturalisasi, Mesin Gol Indonesia Bagus Kahfi Tidak Setuju Kebijakan Shin Tae Yong

BACA JUGA:Ramuan Coach Shin dengan Keinginan Empat Pemain Naturalisasi, Diharap Bisa Memperkuat Timnas Tahun Ini

 

Profil Pemain

Jay Idzes, seorang pemain bertahan yang lahir pada tanggal 2 Juni 2000 di Mierio, Belanda. Dengan tinggi 191 cm, ia memiliki keturunan Indonesia dari garis keturunan kakek dan neneknya. 

Jay Idzes adalah pemain belakang yang terdaftar di klub Serie B, yaitu Venezia.

Hal yang menarik, saat ini Venezia tampil gemilang dan memiliki potensi untuk promosi ke kasta tertinggi, yaitu Serie A.

Jay Idzes, sebagai pemain inti di Venezia, mencatatkan partisipasi dalam 9 pertandingan Serie B.

Sayangnya, sejak 22 Oktober 2023, Idzes mengalami cedera yang menyebabkannya absen dalam waktu yang cukup lama, dan hingga saat ini, dia belum kembali beraksi bersama Venezia. (aef/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: