Boncos Tahun Lalu? Terapkan 5 Tips Mengatur Keuangan ini untuk Kesuksesan di 2024!

Boncos Tahun Lalu? Terapkan 5 Tips Mengatur Keuangan ini untuk Kesuksesan di 2024!

Tips Mengatur Keuangan-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Menyongsong tahun baru 2024, setiap individu tentu memiliki tekad untuk menetapkan tujuan baru dan berupaya untuk melakukan perbaikan diri guna mencapai potensi yang lebih baik. 

Selain fokus pada pengembangan pribadi, penting juga untuk memberikan prioritas pada pembenahan kondisi keuangan sebagai bagian dari resolusi tahun 2024. Jika di tahun 2023 Anda menghadapi kesulitan menjaga keuangan agar tetap stabil, tahun 2024 dapat menjadi momentum untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut dengan menerapkan beberapa tips mengatur keuangan yang lebih efektif. 

Berikut 5 tips mengatur keuangan untuk mengubah kebiasaan buruk dan meningkatkan kesehatan keuangan Anda. 

1. Menjaga Keteraturan dalam Mengelola Keuangan

Menjaga keteraturan dalam mengelola keuangan merupakan tips mengatur keuangan pertama yang perlu dilakukan. Mengatur keuangan bukanlah tugas yang rumit. Jika Anda memilih untuk berhemat, pastikan keputusan tersebut tidak hanya bersifat sementara, tetapi dapat dipertahankan dalam jangka waktu yang lebih panjang. 

BACA JUGA:Berbagai Tips Mengatur Keuangan Untuk Mahasiswa

BACA JUGA:Penting Banget! Membangun Literasi Keuangan di Era Digital

Selain memiliki kedisiplinan dalam pengelolaan keuangan, penting juga untuk konsisten dalam kegiatan menabung dan berinvestasi sebagai langkah persiapan untuk kebutuhan keuangan masa depan. 

2. Merekam Catatan Pengeluaran

Tips mengatur keuangan yang berikutnya yaitu dengan mencatat pengeluaran. Untuk mengelola pendapatan dengan efektif, mulailah dengan mencatat secara rutin semua pengeluaran. Awali dengan mencatat pengeluaran sehari-hari, mingguan, dan bulanan. 

Setelah tercatat, lakukan analisis sederhana terhadap pengeluaran tersebut dengan mengelompokkannya ke dalam kategori pengeluaran yang wajib, opsional, dan penunjang. Pastikan agar pengeluaran opsional atau penunjang tidak mendominasi alokasi anggaran, sehingga kebutuhan yang wajib tetap terpenuhi.

3. Menghindari Kompetisi Gaya Hidup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: