Bisa Jadi Tempat Curhat Bagi Siswa, Inilah Deretan Peran dan Fungsi Guru BK di Sekolah

Bisa Jadi Tempat Curhat Bagi Siswa, Inilah Deretan Peran dan Fungsi Guru BK di Sekolah

Deretan Peran dan Fungsi Guru Bimbingan dan Konseling (BK) di Sekolah .-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Sebagian besar dari kita banyak yang mengira bahwa peran guru BK atau Bimbingan Konseling adalah hanya mengurusi siswa-siswa yang bermasalah. Padahal mengurusi siswa-siswa yang bermasalah hanya salah satu tugas guru BK yang memang harus mengatasi konflik yang melibatkan siswa di sekolah.

Namun harus kamu tau bahwa peran guru BK lebih dari itu. Guru BK atau guru bimbingan konseling bertanggung jawab dalam menangani berbagai kasus di lingkungan sekolah, terutama kasus yang melibatkan siswa-siswi. 

Peran guru BK sangalah penting karena mereka harus memastikan bahwa setiap perilaku siswa di sekolah sesuai dengan nilai dan tujuan pendidikan nasional. Guru BK memainkan peran penting dalam keberhasilan siswa selama duduk di bangku sekolah. 

Tugas guru BK yaitu meliputi pemahaman dan pengamatan terhadap perilaku siswa dan juga memberikan layanan konseling untuk membantu siswa mengatasi berbagai masalah yang mereka hadapi. Guru BK biasanya memiliki latar belakang dalam hal pendidikan, sosial, dan psikologi yang mampu menjadi dasar dalam memberikan konseling kepada siswa-siswinya.

BACA JUGA:Pendidikan di Rumah Tak Kalah Penting dari Pendidikan di Sekolah

BACA JUGA:Beberapa Cara Untuk Mendidik Anak yang Tunarungu

Peran dan Fungsi Guru BK di Sekolah

Sebagai bagian dari bimbingan dan konseling, guru bk memainkan peran sentral sebagai pusat informasi di lingkungan sekolah untuk mewujudkan kesejahteraan sekolah secara keseluruhan. Hal ini dilakukan dengan memberikan berbagai layanan bimbingan dan konseling di sekolah.

Tujuan utamanya adalah menciptakan lingkungan yang ideal untuk sekolah yang berkembang. Selain itu, bimbingan dan konseling di sekolah juga dapat meningkatkan hubungan sosial dalam hal lingkungan belajar, hubungan siswa-guru, persahabatan di sekolah, dinamika kelompok, dan kerjasama antara sekolah dan orang tua di rumah.

Oleh karena itu, adanya guru bk diharapkan dapat mengurangi frekuensi perundungan atau pembullyan di sekolah. Dengan membangun hubungan sosial yang baik, individu terdorong untuk berprestasi lebih baik di sekolah.

Inti dari peran aktif guru bk sekolah adalah memberikan ruang untuk membantu siswa berkembang menjadi individu yang mandiri. Tugas dan peran guru bk juga berkaitan dengan pengembangan bakat dan minat siswa.

BACA JUGA:Tips Mengurangi Screen Time Pada Anak

BACA JUGA:Tips Agar Kakak dan Adik Selalu Akur

Tugas Guru BK di Sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: