Pemerintah Memberikan Hadiah Kepada Penemu Harta Karun di Klaten, Peninggalan Mataram Kuno

Pemerintah Memberikan Hadiah Kepada Penemu Harta Karun di Klaten, Peninggalan Mataram Kuno

Pemerintah Memberikan Hadiah Kepada Penemu Harta Karun di Klaten-Landaknews-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah memberikan hadiah kepada dua orang penemu harta karun yang merupakan peninggalan Mataram Kuno di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten.

Hadiah yang diberikan kepada dua orang penemu bernama Sriyanto dan Sumidi berupa piagam penghargaan, hingga uang kompensasi.

Pihak yang mewakili pemerintah dalam penyerahan hadiah tersebut yakni Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) wilayah X.

"Penyerahan piagam penghargaan hanya sudah tanggal 21 Desember kemarin, hari Kamis. Saya sama Sumidi," papar Sriyanto pada Selasa, 26 Desember 2023.

BACA JUGA:Amstrong Simpan Harta Karun dari Bulan

BACA JUGA:Wanita Tua Temukan Harta Karun Rp2 Miliar

Sriyanto juga menjelaskan bahwa selain penghargaan, ia bersama Sumidi juga mendapatkan uang. Namun dirinya tak mau menyebut besaran hadiah uangnya.

"Kalau itu (uang) belum bisa saya sebutkan jumlahnya. Kemarin juga sama Pak Kades saat penyerahan, dari pejabat Balai (BPK X) juga ada," lanjut Sriyanto.

Kronologi penemuan harta karun oleh Sriyanto juga turut diceritakannya. Pada bulan April lalu ia sedang merumput untuk pakan ternak di dekat proyek tol timur dusun.

Tiba-tiba saat sedang memangkas rumput, celuritnya membentur semacam besi di permukaan tanah. 

"Saya nyari rumput pakan sapi pakai arit (sabit), terus nyenggol itu yang kayak besi. Saya biarin saja karena waktu itu puasa, jam 16.30 WIB," ungkap Sriyanto.

BACA JUGA:Menikmati Kelezatan Sop Ayam Pak Min Klaten, Kuliner Sop Khas Klaten Sudah Ada 40 Cabang

BACA JUGA:Ini Makna Logo Hari 452 Banyumas Hasil Sayembara Karya Warga Klaten

Usai selesai mencari rumput, dirinya pulang untuk berbuka puasa. Namun usai sholat tarawih Sriyanto merasakan perasaan yang tidak enak sehingga kembali ke lokasi tadi ia merumput.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: