Ini Makna Logo Hari 452 Banyumas Hasil Sayembara Karya Warga Klaten

Ini Makna Logo Hari 452 Banyumas Hasil Sayembara Karya Warga Klaten

hasil pemenang sayembara logo hari jadi Kabupaten Banyumas ke 452, Sabtu (21/1)--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID- Dalam rangka memperingati hari jadi ke 452 Kabupaten Banyumas yang jatuh pada 22 Februari mendatang. 

Pemkab Banyumas menggelar sayembara logo hari jadi Kabupaten Banyumas sejak Selasa (3/1) hingga Minggu (15/1) kemarin. 

Dengan diikuti 320 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah melalui seleksi oleh tim penilai yang terdiri Bagian Kesra, Dinkominfo, Dinporabudpar Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan dan perwakilan milenial yang juga melibatkan budayawan Bambang Widodo.

Sebanyak 30 karya terpilih masuk nomine, lalu dipilih lagi menjadi 20 nomine kemudian dipilih kembali menjadi 10.

Dari proses itu sejak penilaian yang dilakukan pada Senin (16/1) hingga diumumkan Sabtu (21/1) hari ini. Hasil karya Valentinus Tiar, warga Klaten berhasil keluar menjadi juara dalam sayembara desain logo hari jadi Kabupaten Banyumas tahun ini. 

Kepala Bagian Kesra Setda Banyumas, Suwondo mengungkapkan, terima kasih kepada para desainer dari berbagai daerah di seluruh Indonesia yang sudah berkontribusi mengikuti sayembara ini. 

"Para peserta ada yang dari Manado, Makasar, Lampung dan lain sebagainya," ucapnya. 

Adapun terkait makna filosofi hasil karya Valentinus Tiar, Ia menjelaskan, warga merah untuk angka 4 berbentuk khudi memiliki arti energi, semangat pembaruan dan keberanian. 

Warga jingga untuk angka 4 memiliki arti inovasi, keseimbangan dan kebulatan tekad.

Warna biru untuk angka 2 memiliki arti kedamaian, kepercayaan diri, dan profesionalisme. 

Serta kucir rambut khas bawor berwarna hijauh memiliki arti keselarasan, pertumbuhan dan kesuburan. 

"Dalam logo dijelaskan makna antara lain warna yang digunakan yakni warna merah untuk angka 4, warna oranye untuk angka 5 dan warna biru untuk angka 2. Angka 452 yang merupakan umur Kabupaten Banyumas ini membentuk wajah tokoh wayang Banyumasan, Bawor. Tokoh pewayangan yang satu ini merupakan maskot masyarakat Banyumas," jelas Suwondo. 

Secara keseluruhan logo terdiri dari angka 452 itu berbentuk tokoh bawor. Dalam hal ini bawor dalam dunia wayang khususnya di Banyumas menggambarkan seseorang tokoh dengan prilaku manusia yang berkarakter baik. 

Karena bawor digambarkan memiliki karakter yang sama seperti masyarakat Banyumas, olehnya itu Bawor menjadi maskot Banyumas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: