Pemerintah Memberikan Hadiah Kepada Penemu Harta Karun di Klaten, Peninggalan Mataram Kuno

Pemerintah Memberikan Hadiah Kepada Penemu Harta Karun di Klaten, Peninggalan Mataram Kuno

Pemerintah Memberikan Hadiah Kepada Penemu Harta Karun di Klaten-Landaknews-

Bersama Sumidi, Sriyanto bergegas ke sana dan menggali benda yang sebagian mencuat ke permukaan tanah tersebut.

"Sehabis salat tarawih saya gali sama Mas Sumidi. Ternyata dua biji yang kayak besi itu, kemudian nampan," jelas Sriyanto.

Pada lokasi tersebut juga Sriyanto menyebutkan pada kisahan 1990 an banyak ditemukan benda-benda terbuat dari emas. Namun lekas  tahun tersebut sudah tidak ada lagi.

Uniknya, Siyanto juga mengaku beberapa kali mimpi untuk diminta ke tempat tersebut.

"Setelah itu tidak pernah ada temuan lain, sampai saya itu. Sebelumnya memang sering dapat impen diminta ke situ," lanjut Sriyanto.

Usai menemukan benda  tersebut, ia langsung mendatangi balai desa namun tutup karena lebaran. Sehingga setelah lebaran barulah diserahkan ke sana yang mana sebelumnya dirawat  dahulu di rumah.

"Saya rawat di rumah dan setelah lebaran saya serahkan ke balai desa. Jam 12.00 malam pak lurah pulang langsung ke sini, lalu saya antar ke balai desa," jelas Sriyanto.

BACA JUGA:Warga Klaten Juarai Sayembara Logo Hari Jadi Banyumas ke 452

BACA JUGA:Selain Memulangkan, 10 ODGJ dari Banyumas Dijemput Untuk Perawatan di RSJD Klaten

Menurut Sriyanto, menyerahkan benda tersebut merupakan upaya yang paling tepat karena cagar budaya. Jika tidak diserahkan menurutnya juga suatu kesalahan.

"Kalau tidak diserahkan kan kesalahan karena kita sebagai warga negara harus ikut merawat. Ya dengan diberi penghargaan senanglah, nilai penghargaan tidak bisa dinilai," tuturnya.

Supardiyono sebagai Kepala Desa Wonoboyo juga turut mengantarkan hadiah berupa penghargaan dari pemerintah tersebut. Bahkan juga dihadiri oleh Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pemkab Klaten.

"Dari Dinas Kebudayaan juga hadir. Dengan penghargaan itu berarti ada perhatian pemerintah kepada masyarakat yang menyerahkan benda cagar budaya," papar Supardiyono.

Supardiyono jua turut menjelaskan bahwa benda tersebut ditemukan oleh Sriyanto beberapa bulan yang lalu. Kini sudah disimpan di BPK wilayah X setelah beberapa kali diperiksa.

Piagam penghargaan yang diterima oleh Sriyanto yakni berupa plakat berkaca yang berisi tulisan mengenai temuannya dari mulai talam, wadah dari keramik, teko dari keramik, gelang, celupak berbentuk kinari, arca awalokiteswara berdiri dan duduk. (okt/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: