Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat di Cilacap Mulai Turun

Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat di Cilacap Mulai Turun

Pedagang di Pasar Randu Kroya sedang melayani pembeli.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di Kabupaten CILACAP, menjelang Natal dan Tahun Baru 2024 mengalami penurunan. 

Salah satu pedagang Pasar Kroya, Trio mengatakan, ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga seperti cabai rawit merah dengan harga Rp 67 ribu per kilogram. 

"Harga komoditas cabai rata-rata turun, seperti cabai merah biasa Rp 52 ribu per kilogram, cabai merah keriting Rp 55 ribu per kilogram, cabai hijau Rp 31 ribu per kilogram. Namun ini rata-rata masih tinggi," katanya, Jumat (22/12/2023).

Sementara itu, untuk harga bawang merah, dikatakan Trio, mengalami sedikit kenaikan, yakni Rp 34 ribu per kilogram. Begitu juga dengan harga bawang putih yakni Rp 34 ribu per kilogram. 

BACA JUGA:Pelaku Aksi Teror Jambret di Wilayah Cilacap Berhasil Diciduk Polisi, Tiga Bulan Beraksi di 10 TKP

BACA JUGA:Mantap, PSCS Cilacap U-15 Lolos Babak Semi final Piala Suratin

Menurutnya, fluktuatif harga sudah menjadi kebiasaan di pasar tradisional. Namun, dikatakan Trio, bahwa jelang hari besar, harga pangan cenderung naik.

"Biasanya memang harga-harga tersebut bisa naik, bisa turun. Apalagi menjelang tahun baru. Saat ini permintaan masih stabil belum terlalu menunjukkan lonjakan," kata dia. 

Dengan harga yang dinilai masih tinggi tersebut, dia berharap, pemerintah setempat mengambil langkah konkret untuk menjaga stabilitas harga pangan dan meringankan beban ekonomi masyarakat jelang perayaan Nataru. 

Sementara itu Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Cilacap M Wijaya mengatakan, masyarakat diminta idak panic buying saat berbelanja kebutuhan. Terlebih pihaknya akan melakukan pantauan harga secara rutin.

"Tentunya kita pastikan pasokan kebutuhan kepokmas aman dan sampai akhir tahun bisa menjaga agar tetap stabil," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: