Ini 5 Penyebab Jerawat di Alis dan Cara Mengatasinya

Ini 5 Penyebab Jerawat di Alis dan Cara Mengatasinya

Penyebab Jerawat di Alis-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab jerawat di alis melibatkan sejumlah faktor, termasuk produksi minyak berlebih, penumpukan sel kulit mati, perubahan hormon, stres, dan infeksi. Jerawat yang muncul di alis dapat mengurangi kepercayaan diri dan menyebabkan ketidaknyamanan, terutama saat area tersebut disentuh.

Siapa pun, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, dapat mengalami jerawat, yang dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh, termasuk dada, punggung, wajah, dan alis. Meskipun jerawat di alis dapat mengganggu penampilan, penyembuhan dapat terjadi asalkan penanganannya tepat dan sesuai dengan penyebabnya.

Berbagai faktor dapat menjadi penyebab jerawat di alis, seperti penggunaan produk kecantikan, perubahan hormon, dan efek samping obat-obatan tertentu. Jika dijelaskan lebih lanjut, berikut penjelasannya:

1. Rambut yang Tumbuh ke Dalam

Kebiasaan mencukur alis untuk merapikannya dapat membuat alis terlihat rapi. Namun, efek dari terlalu sering memotong atau mencukur rambut di area alis adalah risiko tumbuhnya rambut ke dalam, yang dapat menyebabkan peradangan dan munculnya jerawat.

BACA JUGA:Penyebab Munculnya Jerawat di Pipi Wajah

BACA JUGA:Penyebab Muculnya Jerawat Bernanah dan Cara Mengatasinya

Risiko jerawat yang tumbuh lebih tinggi jika alat cukur yang digunakan tidak dijaga kebersihannya. Meskipun demikian, penyebab jerawat di alis karena mencukur umumnya tidak membahayakan dan dapat sembuh dengan sendirinya.

2. Penggunaan Produk Kecantikan

Menggunakan pensil alis untuk membentuk dan merapikan alis, penggunaan eyeshadow untuk memberikan dimensi pada kelopak mata, dan eyeliner dapat meningkatkan rasa percaya diri. Namun, penggunaan berbagai produk kecantikan ini juga dapat menjadi penyebab jerawat di alis, terutama jika kebersihan tangan dan alat aplikator tidak dijaga dengan baik.

Selain produk yang digunakan di alis dan mata, sisa-sisa alas bedak dan produk tata rambut yang tidak dibersihkan dan menempel di alis juga dapat menjadi pemicu jerawat di alis.

3. Perubahan Hormon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: