Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo Mulai Beroperasi, Masih Gratis!

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo Mulai Beroperasi, Masih Gratis!

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo Mulai Beroperasi-Paket Wisata Jogja-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jalan tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo mulai beroperasi pada Jumat, 22 Desember 2023. Sebagai pembukaan awal, setiap kendaraan yang masuk tidak dikenai tarif alias gratis.

Jalan tol sepanjang 13 km yang dibangun oleh pemerintah lewat PT Jasa Marga Jogja Solo (JMJ) anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk ini dipergunakan secara gratis sementara untuk mendukung pelayanan masyarakat yang mudik dan berlibur ke wilayah Solo dan Yogyakarta pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Suchandra P Hutabarat sebagai Direktur Utama PT JMJ menjelaskan bahwa jalur fungsional jalan tol Yogyakarta-Solo atau Kartasura-Karanganom akan beroperasi dalam dua periode yakni arus mudik 22 hingga 31 Desember 2023 dan arus balik 1 sampai 3 Januari 2024.

"Pada periode tersebut, kami akan membuka jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura s.d Karanganom) pada jam operasional jalur mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda 4 golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukan untuk kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 Km/jam," papar Suchandra, Jumat 22 Desember 2023.

BACA JUGA:Keuntungan Teknologi MLFF di Jalan Tol, Tidak Hanya Palang Pintu Otomatis

BACA JUGA:Kuat Mana Jalan Tol Aspal Atau Jalan Beton? Berikut ini Perbandinganya!

Pada periode Nataru 2023/2024 terbilang dibuka lebih panjang dibandingkan libur Hari Raya Idul Fitri yang lalu karena sebelumnya hanya dibuka dari Kartasura sampai Jl. Sawit yang mana sepanjang 6 km saja.

Sedangkan  kali ini dibuka sepanjang 13 km yang terbentang dari GT Colomadu dan on/off Banyudono sampai Karanganom. Adapun jalur yang dibuka kali ini jalur fungsional kali ini berupa konstruksi rigid pavement.

"Dengan jalur yang lebih panjang, kami memberikan pelayanan yang lebih optimal karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta sekaligus memperpendek waktu perjalanan dari Akses/GT Colomadu menuju Klaten," lanjut Suchandra.

Menariknya, pada periode mudik tahun ini jalur yang dibuka hanya dijadikan menjadi satu arah saja. Dalam artian saat arus mudik hanya dibuka satu dan saat balik pun demikian.

BACA JUGA:5 Cara Mengantisipasi Kecelakaan Saat Mengemudi di Jalan Tol!

BACA JUGA:Babi Berserakan di Jalan Tol Akibat Pick Up Kecelakaan di TOL Jagorawi

Untuk periode arus balik Nataru 2023/2024 dioperasikan pada pukul 06.00-17.00 WIB, jalur fungsional tersebut akan beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono (untuk tujuan Boyolali dan/atau Kartasura) dan GT Karanganom menuju GT Colomadu (untuk tujuan Jalan Tol Trans Jawa).

Begitupun dengan arus mudik, pengguna jalan dari arah Solo-Semarang yang menuju Jalan Tol Trans Jawa akan dialihkan masuk lewat GT Banyudono kemudian diteruskan perjalanan melalui GT Colomadu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: