Pengungsi Rohingya Digeledah Polisi di Meuseuraya Aceh, Ternyata Ini Isinya

Pengungsi Rohingya Digeledah Polisi di Meuseuraya Aceh, Ternyata Ini Isinya

Pengungsi Rohingya Digeledah Polisi di Meuseuraya Aceh-Kabar Aktual-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Saat para pengungsi Rohingya sedang ditampung di Balai Meuseuraya Aceh, mereka semua digeledah oleh pihak kepolisian dari Polresta Banda Aceh.

Dalam penggeledahan di hari Rabu, 20 Desember 2023 itu ditemukan 15 handphone dengan berbagai merek. Proses penggeledahan bermula dari pengungsi perempuan.

Usai ditemukan lima belas handphone kemudian kepolisian meminta pemiliknya untuk berfoto sambil memegang handphone milik masing-masing.

Selain itu, personel Polresta Banda Aceh juga menemukan beberapa nomor handphone yang ditulis pada secarik kardus. Tentunya temuan itu mencurigakan karena tak diketahui pasti itu nomor handphone siapa.

BACA JUGA:PT Jasa Marga Buka Ruas Tol Serpong-Cinere di Periode Natal dan Tahun Baru 2023/2024

BACA JUGA:Tahun Baru 2024: Pembelian LPG 3 Kg Kini Wajib Terdaftar, Simak Cara Pendaftarannya

Langkah ini merupakan buntut dari ditetapkannya salah satu pengungsi dalam praktik kasus penyelundupan orang dan akan terus digeledah hingga menemukan barang yang bisa diselidiki.

"Kita melakukan tindak lanjut dari penyidikan di mana kita melakukan penggeledahan ulang terhadap warga Rohingya di mana penggeledahan saat ini kita lebih tekankan kepada badan dan barang di mana kita duga masih ada barang-barang yang mungkin kita lakukan penyidikan," jelas Kompol Fadillah Aditya Pratama, Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh saat jumpa wartawan.

Fadillah juga menuturkan bahwa handphone yang ditemukan sebagian masih hidup dan lainnya mati karena kehabisan daya. Tujuan menahan handphone juga menunggu apakah ada panggilan dari luar pengungsian atau tidak yang dikhawatirkan merupakan agen-agen sindikat penyelundupan manusia.

"Patut diduga apakah ada komunikasi-komunikasi terhadap agen lain atau jaringan lain ini yang perlu kita dalami ke depan," ungkap Fadillah.

BACA JUGA:Tahun Depan Vaksin Covid-19 Berbayar Ratusan Ribu, Kemenkes: Manfaatkan Gratis Hingga Akhir 2023

BACA JUGA:Profil Dari Dua Moderator Debat Capres-Cawapres 2024

Untuk sementara, dalam penggeledahan tersebut tidak ada pengungsi yang diamankan. Kecuali nantinya ada temuan yang lebih mencurigakan dari handphone yang telah diamankan barulah ada upaya pengamanan.

"Nanti kalau ada petunjuk atau bukti baru untuk kepentingan penyidikan kami sampai," pungkas Fadillah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: