Tips Menentukan Uang Jajan Anak Sekolah

Tips Menentukan Uang Jajan Anak Sekolah

Tips menentukan uang jajan anak sekolah sesuai dengan usianya.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Beberapa orang tua mungkin menganggap bahwa masalah uang jajan anak sekolah merupakan hal sepele, padahal uang jajan anak sekolah perlu diperhatikan karena hal ini dapat mempengaruhi perkembangannya. Walaupun terkesan sederhana, uang jajan nyatanya bisa menjadi sarana belajar bagi anak, mulai dari self control hingga menentukan prioritas. 

Hanya saja untuk menentukan besaran uang jajan anak sekolah terkadang memang tidak mudah. Jadi berapa sih jumlah uang jajan yang ideal untuk anak SD, SMP, dan SMA ? Dibawah ini adalah tips menentukan uang jajan anak sekolah yang bisa diterapkan para orang tua dirumah : 

1. Ajarkan anak memahami konsep uang 

Hal paling mendasar adalah mengajarkan anak konsep uang terlebih dahulu. Anak-anak perlu memahami setidaknya empat poin penting yaitu menghasilkan, membelanjakan, berbagi, dan menabung yang tentu saja hal tersebut tergantung pada usianya.

Dalam konsep menghasilkan uang, orang tua harus menjelaskan kepada anak-anaknya bahwa pada dasarnya manusia harus bekerja untuk menghasilkan uang. Bentuknya bisa berupa gaji, kinerja perusahaan, atau yang lainnya agar setidaknua anak-anak harus memahami dari mana uang berasal.

BACA JUGA:Tips Agar Anak Aktif dan Suka Olahraga

BACA JUGA:Tips Mengurangi Screen Time Pada Anak

2. Menyumbangkan uang jajan sesuai usia anak 

Faktanya, tidak semua anak siap memikul tanggung jawab mengelola uangnya sendiri. Idealnya, anak sudah bisa mulai menerima uang jajan sejak usia 8 atau 9 tahun. 

Pasalnya, anak pada usia ini sudah lebih matang dalam kemampuan berhitung dan dapat memutuskan apa yang diinginkannya. Saat ini, anak-anak di bawah 8 tahun mungkin sudah terbiasa membawa perbekalan dari rumah. 

3. Penyesuaian dengan kebutuhan anak 

Tidak ada aturan yang seragam mengenai besaran uang jajan anak, karena kebutuhan setiap anak berbeda-beda. Tentu saja, orang tua harus mengetahui kebutuhan anaknya dengan cermat dan mempertimbangkannya dengan matang. 

Mulai dari kebutuhan makanan ringan di kantin hingga uang transportasi, jika tersedia. Tentu saja permintaan uang jajan akan berbeda-beda pada siswa SD, SMP, dan SMA. 

 BACA JUGA:Tips Mengajari Anak Mandiri Sejak Dini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: